Kapolda NTT hadiri VIcon Pencanangan Tahun Keselamatan Untuk Kemanusiaan Tahun 2017 – 2018

Kapolda NTT hadiri VIcon Pencanangan Tahun Keselamatan Untuk Kemanusiaan Tahun 2017 – 2018

Tribratanewsntt.com - Berlangsung kegiatan Vicon (Video Teleconfrence) bersama Wakil Presiden Republik Indonesia (Drs. H Muhammad Jusuf Kalla) dalam rangka melakukan Pencanangan Tahun Keselamatan Untuk Kemanusiaan Tahun 2017 – 2018. Minggu 30 Juli 2017, pukul 08.00 Wita bertempat di Lapangan Apel Polres Kupang Kota jalan Frans Seda Kelurahan Kayu Putih Kecamatan Oebobo Kota Kupang,

Kegiatan Vicon ini dihadiri oleh Kapolda NTT (Irjen Pol Drs. Agung Sabar Santoso, SH, MH) bersama PJU Polda NTT, Kapolres Kupang Kota (AKBP Anthon CN, SH, M.Hum), Waka Polres Kupang Kota, Kejati Provinsi NTT, Danlanud Eltari Kupang, Danpomal VII Kupang, Dinas PU Provinsi NTT, Dinas Perhubungan Provinsi NTT beserta personil Ditlantas Polda NTT dan Sat Lantas Polres Kupang Kota.

Dalam sambutan Wakil Presiden Indonesia yang pada intinya Mengucapkan terima kasih kepada para penerima penghargaan yang sudah melaksanakan tugasnya dengan baik dalam rangka menekan angka kecelakaan lalulintas yang sudah mencapai 30 persen, kita semua memahami bahwa kita masih mengalami angka kemaceten itu merupakan kemajuan kita tetapi kita tidak memenets angka kemacetan tersebut.

Kita semua perlu bersyukur bahwa kesadaran orang berkendara dan mematuhi peraturan lalulintas sudah menjadi lebih baik, itu semua berhasil karena adanya kerjasama dari kita semua. Ada suatu teori bahwa semakin banyak kendaraan semakin banyak pertumbuhan kemacetan, sehingga hal tersebut memungkinkan meningkatnya angka kecelakaan itu semakin tinggi maka kita harus berupaya menjaga keselamatan manusia.

Ada 5 (lima) pilar dalam aksi keselamatan jalan, yaitu :

  • Manajemen keselamatan jalan (road safety management) • Jalan yang berkeselamatan (safer road) • Kenderaan yang berkeselamatan (safer vehicle) • Pengguna jalan berkeselamatan (safer people or road users) • Respon pra dan pasca kecelakaan (post crash response).

Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pencanangan tahun keselamatan untuk kemanusiaan tahun 2017 – 2018 adalah membangun sikap mental/karakter mengemudi, selain berpikir jauh ke depan, mematuhi aturan lalu lintas dan ketika berkendara memiliki sikap kewaspadaan, kesadaran, sikap mental serta antisipasi dalam berlalu lintas.

Kegitan ini di tandai dengan melakukan penekanan tombol sebagai simbol prosesi pencanangan tahun keselamatan untuk kemanusiaan Tahun 2017 – 2018 oleh Wakil Presiden Indonesia bersama dengan Wakapolri (Komjen Pol Drs. Syafruddin, M. Si), Menteri PU RI (Ir. Muhammad Basuki Hadimuljono, M.Sc, Ph.D), Menteri Perhubungan RI (Budi Karyasumadi) yang disaksikan oleh seluruh keluarga besar pelopor keselamatan yang ada di Indonesia. Kegiatan Vicon berakhir pada pukul 09.30 Wita berjalan dengan lancar dan dilanjutakan dengan ramah tamah bersama.