Peningkatan Status Gunung Lewotobi: Himbauan dan Patroli Antisipasi dari Polri di Larantuka - Sikka

Peningkatan Status Gunung Lewotobi: Himbauan dan Patroli Antisipasi dari Polri di Larantuka - Sikka

Tribratanewsntt.com - Pada Selasa, 9 Januari 2024, pukul 23.00 Wita, Gunung Lewotobi naik dari level III (siaga) ke level IV (AWAS) berdasarkan data dari PVMBG.

Menyikapi hal ini, Polri Polres Flotim dan Personil BKO Polda NTT mengambil langkah-langkah preventif dengan melakukan himbauan agar menahan diri saat hendak melintas dari Larantuka menuju Kabupaten Sikka - Maumere pada Rabu (10/1/2024) pukul 00.30 Wita.


Kegiatan himbauan dilaksanakan di Desa Konga, Kecamatan Titehena, Kabupaten Flotim, Nusa Tenggara Timur (NTT), dipimpin oleh KBO Samapta Polres Flotim, IPDA Andreas Peu Lamuri, beserta anggota.

"Ini adalah sebagai langkah antisipasi, mengingat jalur utama Larantuka - Sikka atau sebaliknya melewati lokasi sekitar Gunung Lewotobi, sehingga langkah ini perlu kita lakukan," ujar Lamuri.

Selanjutnya, pada pukul 05.30 Wita, Kapolsek Titehena IPTU Frans Maryanto dan Bhabinkamtibmas melaksanakan patroli dan himbauan kepada warga yang melintas di Pertigaan Nobo jalan negara, tepatnya di Desa Nobo, Kecamatan Ile Bura, Kabupaten Flotim.

Mereka mengajak warga agar selalu waspada dan sementara tidak melintas ke arah Maumere.

"Kita lakukan patroli dan imbauan kepada warga yang melintas di Pertigaan Nobo agar waspada dan imbau agar sementara berhenti sejenak di sini Nobo Konga sambil melihat perkembangan situasi Gunung Lewotobi lebih lanjut," jelas Kapolsek.

Upaya ini bertujuan untuk memberikan informasi dan keamanan kepada warga, sekaligus mengurangi risiko potensial akibat peningkatan aktivitas gunung.