Percepat Penanganan Covid-19, Polda NTT Kembali Gelar Vaksinasi Terapung di Pantai Oesina

Percepat Penanganan Covid-19, Polda NTT Kembali Gelar Vaksinasi Terapung di Pantai Oesina
Percepat Penanganan Covid-19, Polda NTT Kembali Gelar Vaksinasi Terapung di Pantai Oesina

Tribratanewsntt.com - Ditpolair Polda NTT bersama Biddokkes Polda NTT kembali menggelar kegiatan pelayanan kesehatan Vaksinasi Nasional di Kabupaten Kupang, Senin (10/5/2021).

Vaksinasi yang digelar di atas kapal Polair Polda NTT yakni Kp. Pulau Sebayur 3011 dan Kp. Adonara 3010 dan di sekitar pesisir pantai wisata Oesina/Air Cina, Desa Lifuleo, Kecamatan Kupang Barat ini dengan sasaran 200 orang untuk vaksin.

Pelayanan Kesehatan Terapung ini juga dalam rangka percepatan Program Vaksinasi Nasional yang merupakan sebuah terobosan proaktif dari Polda NTT dalam meningkatkan jumlah masyarakat NTT untuk di vaksin dengan menyisir daerah-daerah pesisir maupun pulau-pulau yang sulit dijangkau dengan jalur darat.

Kegiatan vaksinasi terapung ini dipimpin langsung Kabiddokes Polda NTT Kombes Pol. dr. sudaryono bersama tim Vaksinator dan  Dirpolairud Polda NTT Kombes Pol. Andreas Heri Susi Darto, S.I.K.

Sebelum dilakukan penyuntikan vaksin kepada warga, terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kesehatan seperti pengukuran suhu tubuh dan tekanan darah serta pengecekan 13 kriteria penyakit yang tidak bisa mengikuti Covid-19. Selanjutnya Penyutikan Vaksin Covid-19 pada lengan kiri dan diakhiri dengan observasi.

Saat diwawancarai, Dirpolair Polda NTT menjelaskan bahwa Program vaksinasi terapung ini merupakan terobosan dari Polda NTT yakni Ditpolair Polda NTT dan Biddokkes Polda NTT dalam rangka mendukung kegiatan vaksinasi Nasional.

"Ini adalah program terobosan dari Ditpolair Polda NTT dalam rangka mendukung kegiatan vaksinasi nasional. Yang mana di wilayah NTT ini adalah daerah kepulauan dan masyarakat yang tinggal di daerah pesisir. Sehingga untuk mempercepat atau untuk mendukung kegiatan vaksinasi nasional kita melaksanakan pelayanan kesehatan vaksinasi terapung", jelas Ditpolair Polda NTT.

Dikatakannya, kita melaksanakan kegiatan ini dengan sasaran di daerah-daerah pemukiman nelayan dimana banyak kapal-kapal nelayan sehingga kita menyiapkan dua kapal yang kita lengkapi, kita modifikasi untuk pelaksanaan vaksinasi terapung. Kita dibantu oleh dari Bidokes Polda NTT untuk vaksinator dan dari kita memfasilitasi kapalnya saja.

"Kemudian kita tentukan daerah-daerah pesisir atau daerah-daerah kampung nelayan yang akan kita laksanakan vaksinasi. Terus kemudian kabidokes bersama tim menyiapkan perlengkapan vaksinator dan alat-alat kegiatan lainnya", Lanjutnya.

"Ini sudah pernah kita laksanakan di sebuah tempat di semau dan hari di Air Cina. Kemungkinan besok kita juga akan bertahap dan berkesinambungan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan di masyarakat atau masyarakat nelayan. Ya mungkin itu akan dilaksanakan", ungkapnya.

"Selain itu, kita juga melaksanakan kegiatan tambahan yaitu dengan memberikan bantuan sembako atau bakti sosial kepada masyarakat yang terdampak bencana Seroja. Ada sekitar seratus KK yang kita bantu hari ini. Dan nantinya setiap pelaksanaan vaksinasi disertai juga pembagian sembako pada masyarakat", katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Kabiddokes Polda NTT menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan jemput bola dengan mendatangi tempat-tempat yang sulit dijangkau dan untuk mengurangi kasus Covid-19 yang ada di NTT.

"Seperti yang disampaikan oleh Pak Dirpolair Polda NTT bahwa kegiatan vaksin ini kita bersinergi supaya kasus covid di NTT ini bisa mengurangi, sehingga vaksin harus masif. Sehingga kita dorong percepatan vaksinasi dan dalam upaya kasus penyebaran Covid menjadi lebih kecil kasusnya", tambahnya.

Sementara itu, Kepala Desa Lifuleo Bapak Lukas Saga menyampaikan ucapan terima kasih atas pelayanan dari Pihak Kepolisian ini yakni Vaksinasi Terapung.

"Kami sangat bersyukur dengan adanya program ini menjadi sesuatu yang berguna bagi kami terkait dengan kekebalan tubuh. Karena vaksin yang ada di puskesmas sangat terbatas. Program ini sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat, kami mengucapkan terimakasih atas pelaksanaan pelayanan Kesehatan dari pihak Kepolisian dalam hal ini Polda NTT", ujar Kepala Desa Lifuleo.