Peringati Hardiknas, Wakapolres TTS Pimpin Upacara di SD Inpres Oenasi

Peringati Hardiknas, Wakapolres TTS Pimpin Upacara di SD Inpres Oenasi

Tribratanewsntt.com - Wakapolres Timor Tengah Selatan (TTS) Kompol Herman Bessie memimpin upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Sekolah Dasar (SD) Inpres Oenasi Soe Kabupaten TTS, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (2/5/2019) pagi.

Hadir dalam upacara tersebut Plt. Kepala SD Inpres Oenasi Domina Ndu, S. PAK, para Guru dan personel Polres TTS serta Siswa-Siswi dari kelas satu sampai dengan kelas lima SD Inpres Oenasi Soe .

Dalam kesempatan itu, Wakapolres TTS membacakan amanat Menteri Pedididikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

"Bangsa Indonesia baru saja berhasil melewati tahap puncak pesta demokrasi yaitu Pemilihan Umum (Pemilu) serentak, tanggal 17 April 2019 lalu. Kini proses masih berlanjut menuju penentuan akhir pada tanggal 22 Mei 2019 nanti, dilihat dari sudut pandang pendidikan bahwa proses Pemilu ini harus menjadi proses pembelajaran bagi setiap warga negara", ucap Kompol Herman Bessie.

Lanjutnya, proses belajar pada hakikatnya adalah momentum terjadinya perubahan tingkah laku menuju ke kedewasaan dalam berdemokrasi.

"Perlu kita ketahui bersama bahwa terbentuknya warga negara yang demokratis merupakan tujuan pendidikan nasional kita. UndangUndang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional", ujarnya.

Dengan tujuan pendidikan nasional agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

"Melalui momentum Hardiknas ini, marilah kita konsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan sumberdaya manusia yang dilandasi karakter yang kuat, ketrampilan dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif", tutupnya. (G)