Perkembangan Terkini Gunung Lewotobi Laki-laki: Kapolres Flores Timur Pantau Evakuasi dan Pengaturan Lalulintas

Perkembangan Terkini Gunung Lewotobi Laki-laki: Kapolres Flores Timur Pantau Evakuasi dan Pengaturan Lalulintas

Tribratanewsntt.com - Setelah status Gunung Lewotobi Laki-laki dinaikkan dari level III (Siaga) menjadi level IV (AWAS) pada Selasa, 9 Januari 2024, pukul 23.00 Wita oleh PVMBG, Kapolres Flores Timur, AKBP I Nyoman Putra Sandita, S.H., S.I.K., M.H., turun langsung memantau evakuasi warga dan pengaturan jalur lalulintas di Desa Konga dan Nobo pada Rabu (10/1/2024).

"Pentingnya keselamatan warga menjadi prioritas utama dalam proses evakuasi. Kami memastikan bahwa anggota kami telah melaksanakan evakuasi warga yang masih tinggal di rumah dan melakukan pengaturan lalulintas dengan aman di sekitar Desa Konga dan Nobo," ungkap Kapolres.

Saat memantau di pertigaan Desa Nobo, Kapolres mengawasi langsung anggotanya yang mengatur lalulintas dan memberikan himbauan kepada pengendara untuk sementara tidak melintas ke arah Maumere atau sebaliknya. Hal ini disesuaikan dengan situasi terkini, terutama melewati Desa Dulipali, Kecamatan Wulanggitang, yang merupakan salah satu desa terdampak.

"Pengaturan pelintasan yang melewati jalur rawan bawah kaki Gunung Lewotobi kita sesuaikan dengan situasi yang ada. Bisa ditutup sementara atau dibuka, tergantung kondisi," jelasnya.

Kapolres memberikan imbauan kepada masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki untuk segera menuju titik aman sesuai dengan himbauan pemerintah. Seluruh stakeholder dikerahkan untuk bekerja sama guna memastikan keselamatan dan kesejahteraan masyarakat di wilayah terdampak.