Perlahan namun pasti, Bhabinkamtibmas Desa Tuamese Berhasil mengubah Mindset masyarakat hingga beralih profesi

Perlahan namun pasti, Bhabinkamtibmas Desa Tuamese Berhasil mengubah Mindset masyarakat hingga beralih profesi

Tribratanewsntt.com - Untuk mengubah kebiasaan atau tradisi dari suatu komunitas masyarakat tidaklah mudah seperti yang di bayangkan, itulah yang terjadi di Desa Tuamese, Kec. Biboki Anleu, Kab.TTU, sudah bertahun-tahun bahkan sudah turun-temurun masyarakat setempat sebagian besarnya berprofesi sebagai penyuling atau memproduksi minuman keras jenis sopi kampung.

Karena hampir seluruh wilayah Desa tersebut di tumbuhi pohon lontar yang dimana pohon tersebut adalah bahan dasar untuk pembuatan minuman keras ( jenis sopi kampung ).

Namun dari kerja keras Bhabinkamtibmas Desa Tuamese Brigpol Meksy R. Ngik, untuk memberi sosialisasi serta pemahaman-pemahaman kepada masyarakat mampu mengubah kebiasaan dan tradisi sebagain besar masyarakat untuk beralih profesi dari pembuat atau penyuling minuman keras ke pembuatan gula merah.

Sehingga dari hasil sosialisasi serta himbauan-himbauan Bhabinkamtibmas mampu mengubah Mainset atau kebiasaan masyarakat untuk beralih profesi atau pekerjaan sebagai pembuat gula merah, yang awalnya sekitar 90% masyarakat bekerja sebagai pembuat minuman keras dan kini sudah 80% masyarakatnya sudah beralih ke pembuatan gula merah, hal ini di rasa sudah cukup signifikan peran serta kontribusi Bhabinkamtibmas Desa Tuamese, Brigpol Meksy R. Ngik.