Persiapan Pengamanan Pemilu 2019, Polres Ende Gelar Latihan Dalmas

Persiapan Pengamanan Pemilu 2019, Polres Ende Gelar Latihan Dalmas

Tribratanewsntt.com - Kepolisan Resor Ende (Polres Ende) melaksanakan kegiatan latihan Pengendali Massa (Dalmas) dalam rangka persiapan pengamanan Pemilu 2019 yang berlangsung di lapangan apel Polres Ende, Jalan Pahlawan, Kelurahan Potulando, Kebupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (26/2/2019) pagi.

Kegiatan ini diikuti satu peleton Dalmas Polres Ende yang dipimpin oleh Kanit 1 Dalmas Aipda Zaenal Abidin, S.H. serta dikontrol langsung oleh Kasat Sabhara Polres Ende Iptu agus Kuswanto.

Kapolres Ende AKBP Achmad Muzayin, S.I.K. mengatakan Latihan Dalmas ini sebagai persiapan jelang Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif 2019 nantinya serta meningkatkan kemampuan personel Polres Ende dalam rangka menghadapi situasi khususnya menjelang pemungutan suara Pemilu 2019.

WhatsApp Image 2019-02-26 at 15.32.59

Lanjutnya, latihan ini juga untuk mengingatkan kembali bentuk - bentuk formasi Dalmas inti dan penguraian massa mulai dari Dalmas awal hingga Dalmas lanjutan.

"Selain meningkatkan keterampilan personel dalam menghadapi dan mengendalikan massa pengunjuk rasa, personel juga dituntut untuk dapat mengendalikan emosi diri dalam menghadapi massa, bersikap humanis dan profesional serta diharapkan dapat mengetahui prosedur yang harus dilaksanakan saat menghadapi massa di lapangan sehingga pelanggaran yang dilakukan oleh personel dapat dihindarkan", ungkapnya.

"Latihan ini juga agar makin menguatkan dan mematangkan personel dalam melakukan pengamanan pemilu 2019, sehingga pada saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang membutuhkan pasukan penghalau massa, para personel Polres Ende sudah siap", pungkasnya (G)