Personil Ditpolairud Polda NTT Ingatkan Warga Pesisir Tanadewa Perhatikan Keselamatan Saat Melaut

Personil Ditpolairud Polda NTT Ingatkan Warga Pesisir Tanadewa Perhatikan Keselamatan Saat Melaut

Tribratanewsntt.com - Selaku pemelihara keamanan dan ketertiban di wilayah perairan, personil yang bertugas di KP. P SUKUR  XXII-3007 Ditpolairud Polda NTT mengingatkan warga pesisir di Tanadewa, Kabupaten Sikka, agar tidak melakukan berbagai pelanggaran dengan mengutamakan keselamatan saat beraktifitas di laut.

Imbauan tersebut dipimpin dipimpin Bripka I Putu Sulastra bersama dua personil Ditpolairud saat mengunjungi warga pesisir Tanadewa, Rabu (13/10/2021). Masyarakat pesisir tersebut diminta untuk melengkapi alat bantu saat melaut guna meminimalisir kecelakaan apabila terjadi gelombang tinggi atau ombak.

"Di perairan sering terjadi pelanggaran-pelanggaran. Jadi kami lakukan patroli imbauan kepada para nelayan untuk selalu menggunakan alat keselamatan seperti jaket, rompi maupun pelampung saat melaut. Setiap masyarakat harus memprioritaskan keselamatan dan peralatan keselamatan", kata Bripka I Putu Sulastra.

Keselamatan di perairan menurutnya meliputi keselamatan diri sendiri dan keselamatan tentang alat yang digunakan seperti lifejaket, lifebuoy dan keselamatan untuk sarana berada di kapalnya."Harus dicek dulu apakah kapalnya sesuai untuk melaut," ujarnya.

Selain itu warga juga diingatkan untuk tidak melakukan penangkapan ikan dengan cara yang instan seperti menggunakan bom ikan dan bahan kimia lainnya karena dapat merusak ekosistem dan memusnakan populasi ikan.

"Dalam kesempatan itu juga, kita sampaikan jangan terpengaruh atau tergiur dengan hasil tangkap yang banyak dengan cara instan, tapi perhatikan dampak dari penggunaan strum dan bahan kimia tersebut bila digunakan untuk menangkap ikan yang dapat merusak dan memusnahkan ikan yang masih kecil - kecil", tegasnya.

Terakhir selalu menerapkan protokol kesehatan dan menjaga kebersihan di masa pandemi ini. "Tidak hanya menyampaikan larangan dengan menggunakan cara instan untuk menangkap ikan, kami juga ajak warga untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dan memakai masker pada saat beraktifitas di luar rumah agar terhindar dari penularan virus covid - 19", Tutupnya.