Pertahankan Opini WTP dari BPK-RI, Bidkeu Polda NTT Selenggarakan Kegiatan Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan Triwulan III Tahun 2021

Pertahankan Opini WTP dari BPK-RI, Bidkeu Polda NTT Selenggarakan Kegiatan Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan Triwulan III Tahun 2021

Tribratanewsntt.com - Kabidkeu Polda NTT Kombes Pol. Drs. Sofyan Tanjung membuka kegiatan penyusunan dan penyajian laporan keuangan Polda NTT dan jajaran Triwulan III tahun 2021. Kegiatan ini diselenggarakan di Aula Lantai 4 Hotel Sylvia Kota Kupang, Senin (11/10/2021).

Hadir juga dalam kegiatan ini Karologistik Polda NTT diwakili oleh Kompol Herman Bessie dan Pejabat Simak BMN Birologistik Polda NTT serta diikuti oleh 89 personil Polda NTT dan 84 personil Polres jajaran terdiri dari Kaur, Kasi, Paurkeu, Operator Saiba, Operator Simak BMN, Benma Satker dan Personil Penyusun Laporan Polda NTT dan Jajaran.

Dalam kegiatan ini mengambil tema Dengan Rekonsiliasi Saiba dan Simak BMN Polda NTT Tahun 2021 kita pertahankan Opini WTP dari BPK-RI.

Dalam sambutannya, Kabidkeu Polda NTT menyampaikan ucapan terimakasih atas Pencapaian Opini Penilaian WTP dari BPK-RI untuk kedelapan kalinya secara berturut-turut. "Saya atas nama pimpinan Polri memberikan penghargaan dan apresiasi kepada para operator Simak BMN dan Operator Saiba yang telah berkerja keras, Cerdas, iklas dan tuntas sehingga Opini WTP tersebut dapat dipertahankan. Opini WTP merupakan suatu prestasi tertinggi dalam penilaian atas laporan Keuangan di Lingkungan Kementerian Negara/Lembaga. Oleh karena itu kita patut bersyukur Atas prestasi yang kita Capai tersebut", ujar Kabidkeu Polda NTT.

Dikatakannya, dalam rangka meningkatkan kualitas Laporan keuangan Polda NTT triwulan III Tahun 2021 terdapat beberapa hal yang perlu dapat perhatian. Yang pertama menindaklanjuti hasil temuan LKKL tahun 2020 dengan melakukan rencana aksi sesuai rekomendasi dalam LPH.

Pelaksanaan program PEN dan penanganan Pandemi covid-19 serta Pengukapan Dampak Pandemi covid-19 di tahun 2021 agar melakukan Identifikasi dan pemetaan alokasi program PEN dan Penanganan covid-19. Memastikan kembali pada LK TW III Tahun 2021 Menyajikan secara wajar realisasi anggaran. Implementasi Metode penilaian persediaan secara FIFO di tahun 2021. Persiapan Migrasi saldo Roll Out Sakti di tahun 2022.

Melakukan inventarisasi Fisik/Stock Opname Persediaan dengan berita acara. KDP agar diungkap dan jelaskan secara terperinci pada CALK dan CALBMN.

Selain itu, Kabidkeu juga mengajak para pejabat pengeban Fungsi Logistik dan keuangan di satker jajaran Polda NTT untuk saling berkoordinasi dan berupaya seoptimal mungkin mencari solusi dalam mengatasi setiap permasalahan.

"Kita wajib membekali kemampuan kita dengan pengetahuan teknologi informatika yang terkini. Sehingga kita dapat mengikuti setiap gerak kemajuan yang dilakukan oleh Kemenkeu RI tersebut", Jelasnya.

"Salanjutnya, mengawal persiapan Migrasi Saldo Rool Out Sakti di tahun 2022 dan menjaga serta meningkatkan kinerja Para operator Simak dan Saiba", tambahnya.

Diakhir sambutannya, Kabidkeu berharap agar tetap semangat, Jaga kondisi kesehatan dan sukses selalu. "Kegiatan Rekonsiliasi Data BMN dan Keuangan Polda NTT dalam rangka penyusunan dan penyajian laporan barang dan laporan keuangan Polda NTT Triwulan III tahun 2021 secara resmi dibuka", tandasnya.

Untuk diketahui kegiatan ini berlangsung selama tiga hari terhitung dari hari Senin tanggal 11 sampai dengan tanggal 13 Oktober 2021.