Pesan Kapolda NTT Kepada Anggota Polres Lembata : Laksanakan Tugas dengan Baik, Benar dan Tulus

Pesan Kapolda NTT Kepada Anggota Polres Lembata : Laksanakan Tugas dengan Baik, Benar dan Tulus

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum., memberikan arahan kepada seluruh personel Polres Lembata, Rabu (19/02/2023).

Kegiatan yang bertempat di Taman Baca Polres Lembata juga dihadiri Kapolres Lembata AKBP Dwi Handono Prasanto, S.I.K., para pejabat Polres, Para Babinkamtibmas Jajaran dan personel Polres serta ASN Polres Lembata.

Tampak hadir juga para Pejabat Utama Polda NTT yakni Karo Log Polda NTT Kombes Pol Drs. Dahru Siswanto, Kabidkum Polda NTT, Kombes Pol Halasan Roland Situmeang, S.I.K M.H, dan Sespri Sesprim Kapolda NTT, Kompol Jeri Samzon Puling, A.Md. S.H.

Kegiatan diawali oleh sambutan Kapolres Lembata dengan memaparkan secara garis besar profil Polres Lembata terdiri dari luas wilayah Kabupaten, jumlah personel, jumlah sarana prasarana, jumlah Polsek serta capaian tugas dan jumlah tren kasus-kasus yang ada di wilayah hukum Polres Lembata.

Sementara itu dalam sambutan Kapolda NTT juga menyampaikan arahan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo kepada personel Polri yang ada diseluruh Indonesia

Adapun arahan Presiden RI yang dipaparkan oleh Kapolda NTT, yaitu memperbaiki apa yang menjadi keluhan masyarakat kepada institusi Polri, mewujudkan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, memperkuat soliditas internal dan memperkuat soliditas dengan TNI.

Menyamakan Visi dalam melayani masyarakat, jangan sampai Pemerintah maupun Polri dipandang lemah terkait penegakkan hukum, agar Polri merancang komunikasi publik dengan baik, menjalani kerja sama dengan pemerintah daerah

Kapolda NTT juga menyampaikan pesan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, kepada seluruh jajaran Polri se-Nusantara, yaitu untuk terus bekerjasama saling bahu membahu atar personel mulai dari tingkat atas sampai bawah.

"Panggilan tugas sekecil apapun sebagai kehormatan dan kebanggaan. Melaksanakan tugas dengan dilandasi ikhlas, sehingga akan terasa ringan. Saat ini kita sedang prihatin, apabila ada laporan pelanggaran akan saya copot", ucap Kapolda NTT.

Kapolda juga menyampaikan bahwa Polisi ada Profesi yang mulia dan luar biasa sehingga banyak di minati oleh masyarakat terutama para pelajar.

Selain itu, Kapolda juga menjelaskan bahwa beberapa Waktu lalu Polri mendapatkan Cobaan sehingga membuat Kepercayaan Masyarakat kepada Polri turun drastis dari sekitar 80 persen turun hingga 60 persen.

"Oleh Karena itu perlu adanya Peningkatan maupun Perbaikan Kinerja sehingga Meraih Kembali Kepercayaan Masyarakat. Apabila terdapat survei - survey yang hasilnya rendah kita harus prihatin dan perlu meningkatkan kinerja kita, guna Meraih dukungan Masyarakat", jelasnya.

Selanjutnya, Kapolda NTT juga memberikan beberapa penekanan kepada seluruh personel Polres Lembata.

"Hindari perilaku arogansi dan menyakiti hati masyarakat, terapkan kebiasaan berbuat baik mulai dari hati terkecil secara terus menerus. Jangan ada personil yang lakukan pungli, selalu berikan imbauan atau informasi tentang mekanisme pelayanan, persyaratan, dan saluran pengaduan untuk mencegah masyarakat memberikan pungli", tegasnya.

"Laksanakan tugas dengan baik, benar dan tulus karena doa orang banyak untuk kebaikan merupakan berkat terbesar bagi kita", tambanya.

Kapolda juga menekankan kepada personel Polres Lembata untuk hindari perbuatan yang dapat merugikan diri maupun Institusi.

“Jangan ada personel yang lakukan pungli, selalu berikan himbauan atau informasi tentang mekanisme pelayanan, persyaratan, dan saluran pengaduan untuk mencegah masyarakat memberikan pungli”, ucapnya.

“Tingkatkan kwalitas pelayanan publik, lakukan penegakkan hukum secara profesional, jangan mencari-cari kesalahan, melebih-lebihkan atau mengada-ada kesalahan masyarakat, penegakkan hukum harus dapat memberikan perubahan, jangan justru menghambat dan tidak adil”, lanjutnya.

“Hindari gaya hidup mewah dan hedonisme, tidak boleh mengejar pelanggar lalu lintas, jangan lakukan tilang saat masyarakat melaksanakan ibadah. Laksanakan tugas dengan baik, benar dan tulus, rubah mental pemeras jadi mental pelindung, pengayom dan pelayanan masyarakat. Peka terhadap adanya perubahan, tingkatkan kegiatan baik dan menyentuh masyarakat, jadikan Restorative Justice sebagai upaya untuk tingkatkan kepercayaan publik dan terapkan pola hidup sederhana”, tuturnya.

“Dukung percepatan pembangunan proyek strategi nasional, pelayanan yang profesional, wujudkan kepercayaan masyarakat yang membutuhkan rasa keadilan, kemanfaatan hukum dan kepastian hukum”, tandasnya.

Usai tatap muka dan dan memberikan arahan kepada personel Polres Lembata, Kapolda NTT memberikan hadiah khusus bagi para anggota Bhabinkamtibmas jajaran Polres Lembata berupa jaket, dalam mendukung pelaksanaan tugas di lapangan.