Pimpin Apel Pelepasan Pengamanan Kontingen PON Provinsi NTT, Kapolda NTT: Tekan Zero Insiden dan Tidak Boleh Under Estimate

Pimpin Apel Pelepasan Pengamanan Kontingen PON Provinsi NTT, Kapolda NTT: Tekan Zero Insiden dan Tidak Boleh Under Estimate
Pimpin Apel Pelepasan Pengamanan Kontingen PON Provinsi NTT, Kapolda NTT: Tekan Zero Insiden dan Tidak Boleh Under Estimate

Tribratanewsntt.com,- Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lothatia Latif, S.H., M.Hum. memimpin apel pelepasan pasukan pengamanan kontingen PON provinsi NTT , Kamis (16/9/2021).

Apel pelepasan ini dihadiri juga Irwasda Polda NTT Kombes Pol. Zulkifli, S.S.T., M.K., S.H., dan pejabat utama Polda NTT.

Pasukan pengamanan kontingen PON provinsi NTT ini berjumlah 31 orang personel Satbrimobda NTT. Pada kesempatan ini Kapolda NTT mengucapkan  Dirgahayu Pasukan Pelopor Brimob yang ke 62. Brimob telah memberikan warna dan sejarah di dalam negara kesatuan RI ini. Pasukan yang membanggakan dan selalu setia jepada negara dan pimpinannya.

"Kesempatan kali ini saya hadir kesekian kalinya di satuan Brimob Polda NTT dan saya menganggap kegiatan pagi ini adalah kegiatan yang sangat penting karena ini merupakan perintah dari Presiden melalui kementerian pemuda dan olahraga, melalui Kapolri untuk kita melaksanakan pengamanan kegiatan PON yang  akan diselenggarakan di Provinsi Papua"ujar Kapolda NTT saat memimpin apel pelepasan.

Kita ketahui bahwa di Papua memiliki kekhasan khusus baik dari aspek respektik keamanan dan prespektif harkamtibmas, sehingga Kapolri diperintahkan untuk menyiapkan setiap kontingen dari provinsi yang berangkat ke Papua agar dilakukan pengamanan oleh Polda masing-masing.

Oleh karena itu Kapolda NTT dari awal sudah menyampaikan kepada Dansat Brimob agar melaksanakan pelatihan-pelatihan untuk menyegarkan kembali. Membina kemampuan yang ada, karena setiap penugasan, adalah suatu panggilan tugas yang harus dipertanggungjawabkan.

“Tidak boleh terjadi suatu kesalahan sekecil apapun, kita harus tekan Zero insiden dan tidak boleh under estimate. Walaupun kita sering melakukan tugas-tugas pengamanan dan tugas pokok maupun rutin kita tetapi penugasan-penugasan yang sifatnya nasional seperti ini harus kita laksanakan dengan proses yang benar mulai dari perencanaan yang baik, pengorganisasian,  melakukan pelatihan yang benar dan nanti pelaksanaan pengawasan dan pengendaliannya dilakukan dengan baik dan benar pula. Kita tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi disana tetapi kita sudah mendapatkan perkiraan-perkiraan ancaman, hakekat kerawanan bagaimana gangguan kamtibmas disana dan kita bertanggung jawab terhadap kontingen yang notabene adalah atlit-atlit, official dan orang sipil yang harus kita jaga di sana selama kegiatan itu berlangsung”tambah Kapolda NTT.

Dikesempatan tersebut Kapolda NTT menyampaikan terima kasih, apresiasi dan penghargaan kepada Dansat Brimob dan seluruh Perwira yang telah menyiapkan latihan dibawah koordinasi Karo Ops Polda NTT yang telah diberi amanat langsung untuk melaksanakan kegiatan ini.

Menurut Kapolda NTT, dalam melakukan penugasan seperti ini pasukan wajib dibekali komunikasi, berkoordinasi dan mengamankan atlit dan official baik itu dalam pelaksanaan kegiatan kejuaran yang dilakukan masing-masing kontingen, tetapi juga bagaimana mengamankan seluruh rangkaian kegiatan di Papua. Karena ketika terjadi gangguan di salah satu provinsi akan membawa dampak yang tidak baik bagi penilaian PON.

“Yang sangat ditekankan oleh Presiden agar PON ini berhasil aman, lancar dan sukses di tengah-tengah pandemi Covid 19 ini. Saya titipkan kepada Dansat Brimob, yang akan melaksanakan tugas di sana agar melaksanakan tugas ini dengan penuh tanggungjawab. Laksanakan tugas dengan penuh keikhlasan dan professional tinggi, dengan cara yang humanis tapi tetap dengan pelaksanaan tugas yang dapat dipertanggungjawabkan baik secara kemampuan teknis, kemampuan operasional selama pelaksanaan tugas”tambahnya.

Dikesempatan tersebut Kapolda NTT menyampaikan rasa bangganya berada di kesatuan Brimob Polda NTT.

“Kita selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar seluruh Iktiar upaya yang kita lakukan ini juga diridohi oleh Tuhan Yang Maha Pengasih agar seluruh rangkaian kegiatan kita dapat berjalan dengan aman dan lancar serta sukses”lanjutnya.

Menutup arahannya Kapolda NTT meminta agar personel Brimob yang terlibat penugasan agar menjaga keselamatan.

“Berangkat dengan selamat, kembali dengan selamat, seluruh pasukan dan kontingen yang akan melaksanakan tugas disana. Brimob Polda NTT Pasukan yang setia, berani dan membanggakan dalam menjaga NKRI ini”tandas Kapolda NTT.

Secara resmi Kapolda NTT melepas pengamanan Kontingen PON Provinsi NTT oleh satuan Brimob Polda NTT.

“Selamat bertugas semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa selalu memberikan perlindungan kepada kita semua”pungkasnya.