Polda NTT Gelar Rekonsiliasi Keuangan dan BMN untuk Profesionalisme Laporan Keuangan

Polda NTT Gelar Rekonsiliasi Keuangan dan BMN untuk Profesionalisme Laporan Keuangan

Tribratanewsntt.com - Dalam rangka meningkatkan profesionalisme dan kompetensi, Polda NTT menggelar kegiatan rekonsiliasi keuangan dan BMN di Sylvia Hotel Kupang, Selasa (16/1/24).

Dibuka oleh Kabidkeu Polda NTT, Kombes Pol Widada, S.Pd., kegiatan ini diikuti oleh 159 peserta dari Satker Mapolda NTT dan Polres jajaran. 

"Fokus utama adalah menyusun dan menyajikan laporan keuangan satker jajaran Polda NTT tahun 2023 dengan kualitas dan akuntabilitas yang tinggi sebagai pertanggungjawaban APBN tahun 2023, khususnya menjelang pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2024"ujar Kabidkeu Polda NTT.

Salah satu tujuan utama adalah mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) melalui optimalisasi rekonsiliasi keuangan dan BMN. 

"Dalam konteks ini, Polda NTT akan mengendalikan intern atas pelaporan keuangan pemerintah pusat dan menindaklanjuti rekomendasi hasil pemeriksaan BPK pada Laporan Hasil Pemeriksaan LKKL tahun 2022 sesuai dengan rencana aksi"tandasnya.

Pentingnya peran Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) juga ditekankan untuk menjaga keandalan dan kualitas penyajian LKKL. Selain itu, bagi instansi yang menerima hibah langsung, administrasi pengelolaan hibah perlu dilaksanakan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Satker yang menerapkan pola pengelolaan keuangan BLU juga diarahkan untuk menyusun LK BLU tahun 2023 dengan mematuhi petunjuk teknis akuntansi terbaru. Apabila terdapat permasalahan dalam penyusunan atau penyampaian LKKL, K/L dapat menghubungi [Direktorat Jenderal Perbendaharaan](https://hai.kemenkeu.go.id/).

Para peserta diakhiri dengan ucapan selamat melaksanakan kegiatan rekonsiliasi, semangat dalam penyusunan laporan barang dan laporan keuangan tahunan Polda NTT 2023, serta harapan kesuksesan selalu menyertai.