Kunjungi Polres Belu, Kapolda NTT dan Ketua Bhayangkari Daerah NTT Disambut Dengan Tarian Likurai

Kunjungi Polres Belu, Kapolda NTT dan Ketua Bhayangkari Daerah NTT Disambut Dengan Tarian Likurai

Tribratanewsntt.com  - Usai melakukan serangkaian kunjungan kerja di lingkup Polres Malaka, Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H., bersama Ketua Bhayangkari Daerah NTT Ny. Henny Setyobudi melakukan kunjungan ke Mapolres Belu, kamis (20/1/2022) siang.

Tiba di Mapolres Belu sekitar pukul 11.15 Wita setelah menempuh perjalanan darat dari Kabupaten Malaka, Kapolda NTT didampingi Ketua Bhayangkari Daerah NTT disambut dengan dua tetua adat yang memberikan sapaan adat berupa tutur adat sebagaimana layaknya tuan rumah memberikan ucapan selamat kepada tetamunya.

Selanjutnya disambut dengan aksi tarian Likurai yang dibawakan para pelajar SMA swasta Taruna Mandiri Fatubenao turut mewarnai penyambutan kedatangan Kapolda NTT dan Ketua Bhayangkari Daerah NTT beserta rombongan di pintu gerbang Mapolres Belu.

Tari Likurai merupakan tarian tradisonal Kabupaten Belu. Tari likurai digunakan sebagai simbol penghormatan kepada tamu yang datang ke Kabupaten Belu atau menyambut para pejuang yang pulang dari medan peperangan. Tari Likurai biasa dilaksanakan pada saat panen raya sebagai wujud rasa syukur. Penari harus menggunakan kain tenun ikat khas Kabupaten Belu dan membunyikan alat musik sejenis kendang.

Usai menerima sambutan dari tua adat dan tarian Likurai, Kapolda NTT dan Ketua Bhayangkari Daerah NTT disambut dengan laporan situasi kamtibmas oleh Kapolres Belu AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K., dilanjutkan dengan pengalungan kain adat khas NTT dan buket bunga oleh Kapolres Belu dan Ketua Bhayangkari Cabang Belu Ny. Lydia Krisbiyanto.

Kemudian dilanjutkan dengan Jajar Kehormatan oleh 1 regu Dalmas Satsamapta Polres Belu dan sapaan perkenalan oleh pejabat utama Polres dan Para Kapolsek Polres Belu didampingi ibu Bhayangkari yang berbaris rapi hingga loby Mapolres Belu.

Sampai di lobby Mapolres, Kapolda NTT bersama rombongan, mencuci tangan dan dites suhu tubuh oleh petugas kesehatan sesuai protokoler kesehatan covid-19.

Ikut mendampingi Kapolda NTT dalam kunjungan ini, Karosdm Polda NTT Kombes Pol. Ari Wahyu Widodo, S.I.K., Karologistik Polda NTT Kombes Pol. Yayat Djatmika, Karorena Polda NTT Kombes Pol. R. D. Junaedi Supri Hartono, Kabidpropam Polda NTT Kombes Pol. Dr. Dominicus Savio Yempormase dan Korspripim Polda NTT AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.H.

Selanjutnya, Kapolda NTT akan melakukan tatap muka bersama dengan seluruh anggota Polres Belu, yang digelar di halaman Mapolres Belu. Sedangkan Ketua Bhayangkari Daerah NTT disaat yang sama akan melakukan tatap muka bersama dengan pengurus Bhayangkari Cabang Belu di aula Bhayangkari.

Dijadwalkan Kapolda NTT bersama rombongan akan melakukan serangkaian kerja di wilayah hukum Polres Belu diantaranya pemberian bansos untuk masyarakat terdampak covid-19 dan meninjau PLBN Motaain.