Polisi di Tasifeto Barat, NTT, Bantu Sebastianus Fahik Dapatkan Pendidikan

Polisi di Tasifeto Barat, NTT, Bantu Sebastianus Fahik Dapatkan Pendidikan

Tribratanewsntt.com, Atambua - Cerita hidup Sebastianus Fahik, seorang bocah dari dusun Lianain, Desa Persiapan Weilaka, Kecamatan Tasifeto Barat, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), menyentuh hati banyak orang. Meskipun menghadapi kendala ekonomi dan keterbatasan, harapannya untuk mendapatkan pendidikan layak di sekolah dasar (SD) tidak sirna berkat bantuan Polisi.

Ayahnya, Petrus Taek, bekerja serabutan demi mencukupi kebutuhan makan sehari-hari keluarganya, sementara ibunya, Ibu Gaudensiasa Bete, mengalami kebutaan sejak lahir dan hanya bisa tinggal di rumah.

Kisah Sebastianus Fahik menemui harapan ketika BRIPKA Radem Purwanto, seorang Bhabinkamtibmas dari Desa Naitimu, dan Bripka Oktovianus Da Silva dari Desa Lawalutolus, Polsek Tasifeto Barat, mendengar ceritanya. Keduanya berkoordinasi dengan Kepala Sekolah Dasar Katolik (SDK) Laninis, Firmuas Bas, agar Sebastianus Fahik bisa diterima sebagai murid baru.

Usulan ini diterima baik oleh kepala sekolah, yang bahkan membantu dengan persyaratan administrasi yang dibutuhkan. Namun, bantuan tidak berhenti di sini. BRIPKA Radem dan BRIPKA Oktovianus menyisihkan uang gajinya untuk membeli perlengkapan sekolah Sebastianus Fahik, termasuk seragam sekolah, sepatu, tas, ikat pinggang, buku, dan alat tulis.

Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K., melalui Kapolsek Tasifeto Barat, IPDA Sam Ihim, menyatakan bahwa upaya ini adalah wujud nyata dari Polri dalam membantu anak-anak kurang mampu untuk mendapatkan hak mereka atas pendidikan. Ia mengatakan, "Seluruh anak di Indonesia, tanpa terkecuali, harus mendapatkan hak mereka atas pelayanan pendidikan, termasuk mereka yang kurang mampu. Jadi, setelah mendengar kisah Sebastianus Fahik, anggota Bhabink kami langsung berinisiatif melakukan pendekatan dengan pihak sekolah, mendaftarkan dia, dan bahkan menyisihkan gaji mereka untuk membelikan kebutuhan sekolahnya."

Sebastianus Fahik resmi mengenyam pendidikan yang layak seperti anak-anak seusianya. Diantarkan oleh Bhabinkamtibmas Naitimu dan Bhabinkamtibmas Lawalutolus, Sebastianus Fahik pada Selasa (12/9/2023) mulai mengikuti kegiatan belajar di bangku kelas 1 SDK Laninis, Desa Lawalutolus, Kecamatan Tasifeto Barat, Kabupaten Belu.

Kisah Sebastianus Fahik adalah inspirasi bahwa kebaikan dan semangat belajar bisa mengubah masa depan seseorang, bahkan dalam kondisi yang sulit sekalipun. Semoga dia menjadi anak yang berguna bagi dirinya sendiri, keluarganya, dan bangsa ini.