Polres Belu Amankan Aksi Protes Rekrutmen Honorer PLBN Motaain

Polres Belu Amankan Aksi Protes Rekrutmen Honorer PLBN Motaain

Tribratanewsntt.com ,- Kepolisian Resor (Polres) Belu melaksanakan pengamanan aksi protes ratusan masyarakat terkait rekrutmen tenaga honorer bagian keamanan dan kebersihan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain Tahun 2019 di Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), kamis (17/1/2019).

Aksi ini dijaga ketat Personel Polres Belu dari Satuan Dalmas, Polsek Tasifeto Timur, Polsubsektor Motaain dan Brimob Pos Motaain serta Satgas Pamtas yang melakukan pengamanan di persimpangan jalan, pintu masuk PLBN dan di depan Pintu Gerbang PLBN Motaain

Kabid Humas Polda NTT Kombes Pol. Jules Abraham Abast, S.I.K. saat dikonfirmasi di Mapolda NTT, Jumat (18/1/2019) pagi, mengatakan bahwa aksi protes tersebut berakhir setelah dilakukannya mediasi yang dihadiri oleh 5 perwakilan dari Masyarakat Desa Silawan, Kabid PLBN Motaain Tiolan Hutagalung,  Danki Satuan tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Pos Motaain, Kapolsek Tasifeto Timur, Kapolsubsektor Motaain, Komandan Pos Brimob Pos Motaain serta Sekretaris Desa Silawan.

“Dalam mediasi tersebut masyarakat Silawan menolak hasil seleksi tenaga security dimana 8 dari 17 orang yang lolos seleksi, bukan warga asli Silawan. Sementara menurut mereka, waktu pembebasan lahan PLBN Motaain, pemerintah berjanji akan mengutamakan warga Silawan untuk tenaga kerja security, cleaning service dan tenaga kerja lainnya”, ujar Kabid Humas.

“Tuntutan dari Masyarakat akan di bawah ke Sekertariat Badan Nasional Pengelola Perbatasan Republik Indonesia (BNPP RI). Jadi untuk nama-nama yang lolos seleksi dari luar Desa Silawan, sementara di pending sambil menunggu keputusan dari BNPP RI”, lanjut Kabid Humas.

Setelah dilakukan mediasi dan mencapai kesepakatan dengan pihak BNPP PLBN Motaain, Masayarakat akhirnya membubarkan diri dan kembali ke rumahnya masing-masing. (G)