Polres Mabar Apel Gelar Pasukan Operasi Semana Santa Turangga 2017 Dalam Rangka Pengamanan Hari Raya Paskah 2017

Polres Mabar Apel Gelar Pasukan Operasi Semana Santa Turangga 2017 Dalam Rangka Pengamanan Hari Raya Paskah 2017

Tribratanewsntt.com – Kepolisian Resor Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, pagi ini, Jumat (7/4/2017) melakukan apel gelar pasukan Operasi Semana Santa Turangga 2017 di Lapangan Apel Mapolres Manggarai Barat (Mabar), Labuan Bajo.

Operasi Semana Santa Turangga 2017 merupakan operasi kewilayahan dan operasi rutin kepolisian dalam rangka mengamankan Hari Raya Paskah.

Wakapolres Mabar, KOMPOL I Ketut Wiyasa menyatakan saat membacakan amanat Kapolres Mabar, AKBP Dr. Supiyanto, bahwa, istilah semana Santa berasal dari Bahasa portugis yang berarti pekan suci bagi umat kristen, pekan suci merupakan rangkaian acara Perayaan Liturgi mengenang sengsara dan wafat serta kebangkitan Yesus Kristus pada hari raya Paskah.

Lebih lanjut Wakapolres menyatkan bahwa, Kegiatan pengamanan ini merupakan perayaan gerejawi yang dilaksanakan setiap tahun dan kegiatan ini menyebabkan meningkatnya dinamika masyarakat khususnya di wilayah manggarai Barat. Oleh karena itu Polri khususnya Polres manggarai Barat harus memiliki pola pengamanan optimal yang tidak hanya menitik beratkan pada aspek security (security approach) semata, namun juga mengedepankan aspek pelayanan (service approach sehingga umat yang melaksanakan ibadah merasa aman dan nyaman.

Guna mewujudkan Situasi Kamtibmas yang konduaif dan menjamin masyarakat untuk dapat merayakan hari raya paskah dengan aman, nyaman dan lancar, saat ini Polres Mabar menggelar operasi kepolisian yang bersifat kemanusiaan dengan sandi Semana Santa Turangga 2017 yang dilaksanakan selama 15 hari mulai tanggal 7 april sampai dengan tanggal 21 april 2017 di seluruh wilayah hukum Polres Mabar.

Pelaksanaan operasi ini hendaknya dilaksanakan dengan baik sesuai perencanaan yang telah ditetapkan, mulai dari penetapan sasaran pengamanan, penggunaan cara bertindak yang efektif sampai dengan pengendalian yang tepat di lapangan.

Dalam amant tersebut Kapolres Mabar memberikan beberapa penekanan dalam pelaksanaan operasi antaralain, pelaksanaan tugas sebagai ibadah dan pelayanan kepada umat bukan pelaksanaan tugas rutin semata, pelihara disiplin personil dan satuan dengan melaksanakan tugas pengamanan sesuai renops dan SOP yang telah ditetapkan, tingkatkan kewaspadaan terhadap segala bentuk ancaman, bangun dan pelihara kekompakan dan soliditas internal Polri Kususnya antar personil pengamanan serta bangun dan kembangkan komunikasi, sinergi dengan segala elemen masyarakat dalam mengamankan kegiatan perayaan paskah.

Hadir dalam giat tersebut diantaranya, Sekda Kab.mabar Rofinus Bon, Danramil 1612-02 Labuan Bajo Kapten inf. Sulaiman Baba, Kejaksaan Labuan Bajo, Kadis Perhubungan Kab. Mabar Danggur Gaetanus, Danposal Letda Seto adi.U, Kepala kantor kementrian Agama kab.Mabar Yohanes ase serta Para Kabag, Kasat dan Perwira Polres Mabar serta undangan lainnya.

Sedangkan peserta Gelar Pasukan Operasi Semana Santa Turangga 2017 antaralain, Satu peleton TNI AD/ Al, Satu peleton Dalmas Polres Mabar, Satu peleton Staf Polres mabar, Satu peleton Sat Lantas Polres Mabar, Satu peleton reskrim / Intel Res Mabar, Satu peleton anggota Dinas Perhubungan Kab. Mabar, Satu peleton Anggota Sat Pol Pp.Kab.Mabar dan Satu peleton Anggota SAR Kab.mabar.