Polres Sumba Timur Berikan Bantuan Air Bersih di Tengah Musim Kemarau

Polres Sumba Timur Berikan Bantuan Air Bersih di Tengah Musim Kemarau

Tribratanewsntt.com - Menghadapi musim kemarau yang berkepanjangan, Polres Sumba Timur turut serta membantu masyarakat di wilayah Padadita, Kelurahan Kambaniru, Kecamatan Kambera, dengan menyediakan pasokan air bersih melalui Operasi Bina Karuna Turangga 2023, Kamis (7/9).

Sesuai data Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), wilayah NTT diprediksi akan mengalami musim kemarau yang berkepanjangan, yang juga meningkatkan risiko kebakaran hutan dan lahan. Dalam upaya untuk mengatasi kekurangan air bersih yang diakibatkan oleh musim kemarau ini, Polres Sumba Timur mengambil inisiatif dengan menggunakan Kendaraan Taktis (Rantis) AWC untuk menyebarkan air bersih kepada masyarakat.

Kapolres Sumba Timur, AKBP Fajar Widyadharma L.S., S.I.K., melalui Kasat Binmas AKP Magdalena Koten selaku koordinator Lapangan, menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah wujud kepedulian Polri terhadap masyarakat yang terdampak oleh musim kemarau yang panjang. 

"Kami berupaya mendekatkan diri kepada masyarakat, khususnya di wilayah Padadita Rt 16/ Rw 04 Kelurahan Kambaniru, yang saat ini sangat membutuhkan pasokan air bersih," ujar AKP Megdalena.

Masyarakat yang menerima bantuan air bersih merespons dengan antusias. Mereka menggunakan berbagai wadah seperti ember, jeriken, dan bak penampungan untuk menampung air bersih yang disalurkan oleh Rantis AWC.

Salah satu warga penerima bantuan, Agus Mojo, mengucapkan terima kasih kepada pihak kepolisian. "Saya berterima kasih kepada Bapak Polisi karena sudah membantu kami, masyarakat kecil, dengan membagikan air bersih secara gratis. Semoga Bapak semua mendapat berkat dari Tuhan," ucapnya.

Saat mengakhiri kegiatan, AKP Magdalaena memberikan pesan kepada masyarakat untuk saling bergandengan tangan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) serta menghindari pembukaan lahan kebun dengan cara membakar, yang dapat meningkatkan risiko kebakaran hutan dan lahan di musim kemarau ini.