Polri Terjukan Tim Trauma Healing Untuk Korban Bencana Alam di Adonara Timur

Polri Terjukan Tim Trauma Healing Untuk Korban Bencana Alam di Adonara Timur
Polri Terjukan Tim Trauma Healing Untuk Korban Bencana Alam di Adonara Timur

Tribratanewsntt.com - Polri dalam hal ini Tim Biro Psikologi SSDM Polri bekerja sama dengan Psikologi Polda Metro Jaya dan Psikologi Polda NTT kembali melakukan Psychological First Aid dan Trauma Healing di Adonara Timur, Flores Timur, Selasa (20/4/2021).

Tiba di pelabuhan Waiwerang dengan menggunakan Kapal Dinas Perhubungan Tim Biro Psikologi SSDM Polri dipimpin oleh Kabag Psipol Ropsi SSDM Polri Kombes Pol Adi Suhariyono, S.Psi, S.S.T., M.K., didampingi Kasubbag Baglabpsi Ropsi SSDM Polri Kompol Dwi Chrismawan M.Si, M.Psi, Psikolog., Kasubbag Psipol Bagpsi Ro SDM Metro Jaya Kompol Donny Akbar, S.Psi, S.I.K., Paur Subbagsikam Bagpsipol Ropsi SSDM Polri Kompol Akmad Kunaefi Muarif, M.Psi. Psikolog bersama tim psikologi dari Polda NTT.

Selanjutnya tim Psikologi SSDM Polri BKO Polda NTT Penanganan Pasca Bencana Alam di NTT tiba di Posko SDI Waiwerang di sambut oleh Koordinator Posko SDI Waiwerang Drs. Hendrikus Hengki Boy bersama para korban Bencana Alam Banjir Bandang dan Tanah Longsor.

Tampak hadir mendampingi juga, Wakapolres Flores Timur Kompol Januarius Seran, S.H., Bersama para perwira Polres Flores Timur.

Dalam kesempatan itu, Tim trauma healing mengajak para ibu dan anak korban Bencana alam yang ada di pengungsian untuk berbincang-bincang, bernyanyi hingga bermain agar mereka dapat melupakan trauma akibat bencana alam tersebut.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan utama yaitu pemulihan trauma pasca kejadian bencana terutama kepada ibu dan anak korban terdampak.

Pelayanan Biro Psikologi SSDM Polri terhadap korban Bencana Alam di bagi tiga tim yakni untuk Anak - anak dengan Pembawah Materi Psikologi oleh Team Psikologi SSDM Polri  Kompol Donny Akbar, S.Psi, S.I.K., Kompol Akmad Kunaefi Muarif, M.Psi., Iptu Juan Arturo Djara, M.Psi., Iptu Kurnia Boby Safarov HSB, S.Psi., Penda Elga Oktavia, M.Psi.

Untuk orang Dewasa / Usia lanjut dengan Pembawa Materi Psikologi oleh Team Psikologi SSDM Polri Kombes Pol Adi Suhariyono, S.Psi, S.S.T, M.K., Kompol Dwi Chrismawan M.Si, M.Psi.,Ipda Albertus Firdiyanto, S.Psi.

Sedangkan untuk Remaja / Muda Mudi pembawa Materi Psikologi oleh Team Psikologi SSDM Polri AKP Heri Yulianto, S.Psi, M.Psi., Iptu Niken Kintaka Sari, M.Psi., Ipda Hendra Karel W., S.Psi.

Dalam kesempatan itu, Koordinator Posko SDI Waiwerang Drs. Hendrikus Hengki Boy mengucapkan banyak - banyak terima kasih kepada Team Psikologi SSDM Polri dan berharap Pemberian materi ini dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan motivasi para korban Bencana agar tetap semangat, tegar dan kuat.

Kemudian tim juga melakukan kegiatan yang sama di Posko MAN Waiwerang, Selanjutnya juga disambut oleh Koordinator Posko MAN Waiwerang Muhammad Soleh Kadir, S.Pd dan Vinsensius B. Tokan.

Tak lupa juga tim menghimbau kepada korban bencana untuk terapkan protokol kesehatan dengan 3M+1T yakni Memakai Masker, Mencuci tangan, Menjaga Jarak dan Tak Berkerumun agar tidak semua terhindar dari penyebaran Covid-19.

Selain itu, Tim Trauma Healing Polri juga membagikan masker yang diserahkan langsung oleh Kombes Pol. Adi Suhariyono, S. Psi., SST., M.K., kepada perwakilan korban bencana.

Tampak para pengungsi merasa lebih bersemangat dengan adanya penghiburan dan pemulihan oleh Tim Trauma healing Polri ini.

Diharapkan dengan kedatangan tim khusus dari Mabes Polri ini diharapkan dapat menyentuh langsung korban yang terdampak bencana, dengan adanya pelayanan psikologi ini dapat memberikan pemulihan bagi korban.