Pimpin Apel Perdana di Tahun 2021, Kapolda NTT : Proyeksi Tantangan Ke depan Tidak Akan Mudah Tetapi Akan Semakin Penuh Dengan Dinamika

Pimpin Apel Perdana di Tahun 2021, Kapolda NTT : Proyeksi Tantangan Ke depan Tidak Akan Mudah Tetapi Akan Semakin Penuh Dengan Dinamika

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh personel jajaran Polda NTT dimana berdasarkan analisa dan evaluasi tahun 2020, seluruh program kerja yang didukung oleh DIPA dan RAK-KL dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuan dan waktu yang tepat.

Hal ini disampaikan Kapolda saat memipin apel perdana di Tahun 2021 yang dilaksanakan di lapangan apel Mapolda NTT, Senin (4/1).

Hadir dalam apel ini, Wakapolda NTT Brigjen Pol Drs. Ama Kliment Dwikorjanto, M.Si, Irwasda Polda NTT Kombes Pol Drs. Tavip Yulianto, S.H., M.H., M.Si dan para pejabat utama serta seluruh personel Polda NTT.

Selain hal diatas Kapolda NTT juga mengajak kepada seluruh personel Polda NTT untuk bersama-sama mengevaluasi apa yang menjadi kekurangan dan kelemahan untuk diperbaiki di tahun 2021 ini.

"Selanjutnya kita mengevaluasi kekurangan-kekurangan kita (Polda NTT), kelemahan-kelemahan kita, untuk kita bersama melakukan evaluasi dan penyempurnaan hal-hal yang sudah baik kita pertahankan dan terus kita tingkatkan", ucap Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., N.Hum.

"Kita patut bersyukur karena di tengah situasi pandemi covid-19 selama ini, kita semua masih bisa melaksanakan tugas dengan baik", tambhnya.

Selanjutnya, Kapolda menekankan apa yang perlu diantisipasi kedepan adalah masalah lingkungan baik ditingkat regional dan nasional khusunya masalah pandemi covid-19 masih menjadi atensi dan perhatian khusus Polda NTT. Terkait hal ini, ia menekankan untuk terus menerapkan protokol kesehatan.

"Tetap memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Jadikan ini sebagai suatu budaya, yang selama ini mungkin tidak biasa bagi kita, tetapi ke depan hal ini sudah harus menjadi SOP (standard operating procedure) bagi kita bersama", imbaunya.

Yang perlu diantisipasi juga terkait Pilkada serentak di Sembilan Kabupaten dimana pengamanan yang dilakukan oleh sembilan Polres jajaran Polda NTT sudah sesuai dengan ketentuan, situasi aman dan kondusif walupun masih ada empat wilayah dari sembilan wilayah kabupaten yang melaksanakan pilkada masih melakukan gugatan.

"Saya berharap, para anggota sekalian tetap menjaga stamina, menjaga kesehatan, menjaga endurancenya, karena nanti mungkin juga kita harus tetap melakukan perkuatan-perkuatan pengamanan dan sebagainya", harapnya.

Pada kesempatan itu juga, Kapolda menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja sama dan kebersamaan kepada beberapa pejabat utama Polda NTT yang akan melaksanakan mutasi baik promosi jabatan dan promosi sekolah.

Sesuai ST (Surat Telegram) Kapolri ada beberapa pejabat utama kita yang akan melaksanakan pergantian mutasi karena promosi jabatan, mutasi karena sekolah, ini adalah hal yang sangat membanggakan dan membahagiakan bagi kesatuan kita, Dansat Brimob, Karo SDM, Dirkrimsus dan Kabidhumas ini adalah oejabat-pejabat yang akan melaksanakan rotasi. Pada kesempatan ini, saya mengucapakan terima kasih atas kerja samanya, atas kebersamaanya dalam melaksanakan tugas di Polda NTT", ujar Kapolda NTT.

Diakhir arahannya, Kapolda menyampaikan bahwa proyeksi tantangan di Tahun 2021 ini tidak akan mudah tetapi akan semakin penuh dengan dinamika yang ada. Adapun hal menonjol yang perlu diatensi yakni, tentang Pembubaran Ormas FPI, Vaksinasi Covid-19, Masalah Pilkada dan memastikan Kegiatan Rutin Polda NTT berjalan sesuai Program yang telah ditetapkan.

"Kita mengikuti ada beberapa hal yang menonjol dan itu langsung menjadi atensi dari Bapak Kapolri, yang pertama tentang pembubaran ormas FPI, yang dengan jelas dan tegas menyatakan bahwa ormas tersebut jelas dilarang. Tugas kita adalah memastikan bahwa, kebijakan pemerintah tersebut telah dilaksanakan dan tidak ada khusnya di lingkungan (wilayah hukum) Polda Nusa Tenggara Timur", tegas Kapolda

"Yang kedua tentang vaksin covid-19 yang pada hari ini mulai didistribusikan, tugas kita juga adalah memastikan seluruh vaksin itu diterima dan diistribusikan dengan keadaan baik dan dilaksanakan vaksinasi dengan baik. Yang ketiga kita tetap mengantisipasi masalah Pilkada karena masih ada gugatan di Mahkama konstitusi dan tentu saja kegiatan-kegiatan rutin Polda NTT sesuai dengan program kerja yang telah ditetapkan", pungkasnya.