Puluhan Personel Polda NTT Amankan Ibadah Natal di Kota Kupang

Puluhan Personel Polda NTT Amankan Ibadah Natal di Kota Kupang

Tribratanewsntt.com - Personel Polda NTT turut melaksanakan pengamanan pada perayaan ibadah Natal di sejumlah gereja di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Senin 25 Desember 2023.

Tindakan ini merupakan bagian dari Operasi Lilin Turangga 2023 untuk menjamin keamanan dan kenyamanan umat Kristiani selama perayaan Natal dan Tahun Baru.

Kabidhumas Polda NTT, Kombes Pol. Ariasandy, S.I.K., menjelaskan bahwa personel yang terlibat dalam operasi Lilin Turangga disebar di gereja-gereja Katholik maupun Kristen Protestan. Pengamanan dilakukan dengan metode terbuka dan tertutup, memastikan kelancaran ibadah pagi maupun sore.

"Pengamanan gereja selama hari Raya Natal dan Tahun Baru ini akan dilakukan oleh Polda NTT dan Polres jajaran untuk menjamin keamanan dan kenyamanan umat Kristiani dalam beribadah," ujar Kombes Pol. Ariasandy.

Pengamanan gereja tidak hanya melibatkan personel Polda NTT, tetapi juga melibatkan unsur-unsur dari TNI, Dishub, Ormas, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat. Adanya patroli dan pengamanan mobile juga diterapkan untuk memastikan keamanan di sejumlah gereja.

Operasi Lilin Turangga, yang berlangsung selama 12 hari, melibatkan sekitar 3.867 personel Polda NTT dan stakeholder lainnya, tersebar di 59 Pos Pengamanan.

Selain pengamanan gereja, operasi ini juga mencakup tempat-tempat wisata, pusat perbelanjaan, dan objek vital lainnya untuk menciptakan lingkungan yang aman selama perayaan Natal dan Tahun Baru.