Puluhan Personil Polres Kupang Kota Latihan Beladiri Polri Jelang Kenaikan Pangkat

Puluhan Personil Polres Kupang Kota Latihan Beladiri Polri Jelang Kenaikan Pangkat

Tribratanewsntt.com - Ujian Bela Diri Polri (BDP) merupakan salah satu syarat mutlak yang harus dilalui untuk mendapatkan kenaikan pangkat bagi semua anggota Polri.

Bela Diri Polri ini harus dikuasai oleh setiap anggota Polri dalam menunjang tugasnya sebagai pelindung dan pengayom masyarakat. Hal itulah yang sedang dilakukan oleh puluhan anggota Polres Kupang Kota yang memenuhi halaman Polres guna melaksanakan latihan beladiri Polri, Sabtu (21/9) sore.

Beberapa materi yang dilatihkan meliputi teknik dasar beladiri Polri, teknik bela diri Polri tanpa alat dan teknik bela diri Polri dengan alat melawan alat. ( teknik dasar pukulan, tangkisan, dan tendangan ) serta materi self defense menghadapi serangan pukulan, tendangan, bacokan, dan tusukan.

Menurut Kabag Sumda AKP Teosasar M.M.F Ngulu,S.Sos,M.M,Latihan Bela Diri Polri yang dilaksanakan personil Polres kupang Kota sebagai sarat  dalam melaksanakan usul kenaikan pangkat, ”karena usulan kenaikan pangkat tidak begitu saja, tetapi selain sudah masuk waktunya, persyaratan administrasi harus lengkap, yang bersangkutan juga harus mengikuti dan melaksanakan tes atau ujian seperti kesamaptaan jasmani serta ujian bela diri Polri dan itu semua berlaku bagi semua golongan pangkat Inspektur maupun Brigadir,”ungkap Kabag.

Selain sebagai syarat dalam pengusulan kenaikan pangkat, melainkan setiap anggota Polri harus dapat menguasai beberapa teknik bela diri sebagai bekal dalam pelaksanaan tugas mendatang terutama dalam pelaksanaan tugas di lapangan yang banyak kemungkinan terjadi tindak kriminalitas, untuk mengantisipasi hal itu anggota polri diwajibkan mengusai teknik bela diri.”tambah Kabag.

Kemudian apabila telah memenuhi syarat, maka berkas UKP akan diproses untuk mendapatkan Surat Keputusan Kenaikan pangkat dari pejabat yang berwenang.

“Yang tidak bisa melaksanakan dengan baik akan diulang-ulang terus, dan diharapkan dengan pelatihan tersebut anggota mampu dan terampil serta menguasai tehnik dasar beladiri Polri sehingga dapat menunjang tugas-tugas kepolisian,”tutup Kabag.