Ratusan Personel Polda NTT Terjunkan Amankan Ibadah Tutup Tahun di Gereja-Gereja Kota Kupang

Ratusan Personel Polda NTT Terjunkan Amankan Ibadah Tutup Tahun di Gereja-Gereja Kota Kupang

Tribratanewsntt.com - Ratusan personel Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) diterjunkan untuk melaksanakan pengamanan Ibadah perayaan tutup tahun di sejumlah Gereja di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (31/12/2023) sore.

Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol. Ariasandy, S.I.K., menyampaikan bahwa personel yang tergabung dalam operasi Lilin Turangga 2023 disebar di gereja-gereja baik gereja Katolik maupun Kristen Protestan dengan pengamanan terbuka dan tertutup.

"Personel yang dikerahkan untuk melakukan pengamanan maupun pengaturan pada ibadah sesuai dengan jadwal kegiatan ibadah di gereja masing-masing," ujar Kombes Pol. Ariasandy, S.I.K.

Pengamanan gereja dilakukan secara mobile, termasuk sterilisasi oleh personel Brimob sebelum ibadah. Pengecekan oleh beberapa anggota secara mobile dari gereja satu ke gereja lain juga dilakukan. Unsur TNI, ormas, tokoh agama, dan tokoh masyarakat turut serta dalam pengamanan.

"Pengamanan gereja selama Tahun Baru ini dilakukan oleh Polda NTT dan Polres jajaran untuk menjamin keamanan dan kenyamanan umat Kristiani dalam beribadah," pungkasnya.

Sebanyak 250 personel Polda NTT diterjunkan dalam Operasi Lilin Turangga, melibatkan total 3.867 personel dan stakeholder lainnya di seluruh wilayah NTT. Dari jumlah tersebut, 137 personel di bawah koordinasi Polresta Kupang Kota, menjaga keamanan di sekitar 99 gereja di Kota Kupang.

Operasi Lilin Turangga di Polda NTT berlangsung selama 12 hari, dimulai dari 21 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024, mencakup pengamanan selama peribadatan, perayaan malam Natal, malam Tahun Baru, serta kegiatan di tempat wisata dan hiburan.

Polda NTT berkomitmen memastikan kelancaran dan keamanan selama momen penting ini dengan 59 Pos Pengamanan dan fokus pada empat sasaran operasi.