Resmikan Dua Unit Kapal Patroli Tipe C1, Kapolda NTT : Jaga, Rawat dan Operasikan dengan Baik

Resmikan Dua Unit Kapal Patroli Tipe C1, Kapolda NTT : Jaga, Rawat dan Operasikan dengan Baik

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum., didampingi Ketua Bhayangkari Daerah NTT Ny. Vera Cristina Sirait Asadoma, M.Sc., secara resmi meresmikan dua unit kapal patroli Tipe C1 di dermaga Ditpolairud Polda NTT, Jumat (31/3/2023) sore.

Dua unit kapal tersebut merupakan bantuan dari Mabes Polri untuk Ditpolairud Polda NTT terdiri dari KP.P.POMANA XXII-3017 dan KP.P.PADAR XXII- 3018.

Peresmian itu ditandai dengan pemecahan kendi yang berisi air suci, sebagai simbolis restu dari pimpinan mengawali tugas pertama di perairan NTT.

Dalam acara peresmian ini juga dihadiri oleh Wakapolda NTT Brigjen Pol. Drs. Heri Sulistianto, bersama para Pejabat Utama Polda NTT dan Para Bhayangkari Daerah Polda NTT. Hadir juga Komisaris PT. Gandasari Hessa Afigthyven bersama para Kru.

Usai peresmian, kegiatan dilanjutkan dengan Joy Sailing (berlayar sukacita) di sekitar teluk Kupang, untuk mengetahui kekuatan kapal tersebut. Dengan rute mulai dari dermaga Ditpolairud Polda NTT menuju ke pulau Semau dan kembali lagi ke dermaga Dirpolairud Polda NTT.

Kapolda NTT mengatakan bahwa dua unit kapal tersebut merupakan bantuan dari Mabes Polri untuk Polda NTT dan sangat cocok untuk wilayah NTT yang merupakan daerah kepulauan.

"Apalagi NTT merupakan Provinsi kepulauan yang juga berbatasan langsung dengan laut Timor Leste dan Australia. Kapal ini digunakan untuk berpatroli mencegah terjadinya kejahatan di wilayah perairan yang membutuhkan penangganan dari Polri", ucap Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum.

Selain itu, dua unit kapal tersebut juga dapat diperbantukan untuk penanganan kecelakaan laut yang sering terjadi di wilayah perairan NTT.

"Kecelakaan-kecelakaan laut sering terjadi di wilayah perairan NTT, baik itu yang dialami masyarakat pada umumnya dan juga dialami oleh nelayan, karena itu kedua kapal ini bisa digunakan untuk membantu", harapnya.

Orang nomor satu di Polda NTT juga berpesan kepada Dirpolairud Polda NTT dan jajarannya agar bisa menjaga, merawat dan mengoperasikan kapal tersebut dengan baik.

"Jaga, rawat dan Operasikan kedua Kapal ini dengan Baik", pesannya.

Kapal Patroli baru ini diharapkan dapat memperluas jangkauan patroli di perairan wilayah NTT, sekaligus mampu mencegah dan mengatasi kasus kejahatan perairan.

"Kapal ini adalah kapal baru, sehingga butuh pengenalan lebih jauh kepada para kru kapalnya agar bisa menjaga dan merawatnya dengan baik serta mampu mengoperasikan dalam mencegah dan mengatasi kasus illegal fishing`atau pencurian ikan serta penyelundupan narkoba", pungkas Kapolda NTT