Sambut Hari Bhayangkara ke 77, Kapolda NTT Bangun Fasilitas air Bersih dan Salurkan Ratusan Paket Bantuan Sosial Bagi Masyarakat Kecamatan Amarasi Timur

Sambut Hari Bhayangkara ke 77, Kapolda NTT Bangun Fasilitas air Bersih dan Salurkan Ratusan Paket Bantuan Sosial Bagi Masyarakat Kecamatan Amarasi Timur

Tribratanewsntt.com,- Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M. Hum mengikuti kegiatan bhakti sosial dalam rangka hari Bhayangkara ke 77 tahun 2023 yang dilaksanakan secara serentak jajaran Polri, Senin (19/6/23).

Kegiatan Bhakti sosial serentak ini di pimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam kesempatan tersebut mendistribusi 322.085 paket bansos dalam rangka Bulan Bakti Polri Presisi, jelang Hari Bhayangkara ke-77.

Adapun sasaran penerima bantuan sosial, kata dia, yakni pedagang kaki lima, buruh dan karyawan korban PHK, buruh harian atau tukang cuci gosok baju, nelayan, panti asuhan, panti sosial, panti jompo, korban kebakaran, pengemudi ojek online, purnawirawan polri atau arakuri, pemulung.

“Hari ini dilaksanakan bakti sosial dalam bentuk berbagai macam kegiatan dari pembagian baksos,” ucap Kapolri dalam sambutannya di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri Jakarta Selatan.

Pemberian bantuan itu dilangsungkan serentak di tiap-tiap polda. Kegiatan pelepasan bantuan dilakukan diikuti oleh 34 Polda. Kapolri memantau langsung pemberian bantuan melalui zoom meeting dengan berbagai Polda.

“Tentunya ini semua saya harapkan bisa memberi manfaat bagi masyarakat, mempererat kebersamaan antara Polri dan masyarakat khususnya. Harapan dari berbagai kegiatan ini tentunya semakin mendekatkan rekan-rekan dengan masyarakat,” ujar Kapolri.

Selain itu, Kapolri mengatakan peringatan Hari Bhayangkara juga ada pembersihan tempat-tempat ibadah, perbaikan-perbaikan minor, pembangunan tempat-tempat air di beberapa wilayah yang dibutuhkan.

Adapun bantuan bakti sosial religi meliputi perbaikan 2.170 rumah ibadah. Bedah rumah dengan sasaran sebanyak 269 unit rumah.

“Pembangunan Fasilitas Air Bersih pada 70 lokasi dan bantuan sosial sebanyak 322.085 paket sembako yang disalurkan mulai tanggal 20 sampai 30 Juni 2023,” ujar Kapolri.

Sementara itu di Polda NTT, Kapolda NTT melakukan kegiatan bakti sosial di salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Kupang tepatnya di desa Oebesi Kecamatan Amarasi Timur. Usai pelaksanaan Zoom dengan Kapolri, Kapolda NTT menyalurkan 200 bingkisan bantuan sosial kepada 200 orang Kepala Keluarga pada desa tersebut.

Disela-sela kegiatan, orang nomor satu jajaran Polda NTT ini mengatakan bahwa kegiatan ini kegiatan bhakti sosial diisi dengan pembagian bansos, pembersihan tempat-tempat ibadah,donor darah, bedah rumah, program orangtua asuh bagi anak-anak stunting, operasi bedah kesehatan dan juga pembangunan fasilitas air.

“Ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Bhayangkara ke 77 tahun 2023, kami melakukan berbagai macam kegiatan sosial diantaranya adalah pengadaan fasilitas air bersih melalui pengeboran sumur air bersih dan juga ada bhakti kesehatan gratis untuk pengobatan dan vaksin. Kami juga melakukan kegiatan pembersihan pada tempat-tempat ibadah. Selain itu membantu masyarakat yang kesulitan dengan menyalurkan paket sembako dan kegiatan bedah rumah”ujar Kapolda NTT.

Dikatakannya bahwa pembangunan fasilitas air bersih ini dilakukan pada lima kabupaten yang ada di NTT yakni di kabupaten Kupang, Nagekeo, Alor, Rote Ndao dan Sumba Barat.

“Sebagaimana kita ketahui di wilayah NTT ini kalau memasuki bulan Juli hingga awal Desember artinya kita memasuki musim kemarau. Sehingga kita betul-betul membutuhkan air bersih yang cukup bukan cuma di daerah Amarasi Timur saja tetapi hampir di seluruh daratan timor ini dan sebagian wilayah NTT”tambahnya.

“Mudah-mudahan dengan penggalian sumur bor ini bisa membantu warna Desa Rebeka dan desa Oebesi di musim kemarau ini, mengingat kebutuhan air bersih di Desa ini masyarakat harus mengeluarkan uang 500 ribu per Tangkinya”harapnya.

Sementara itu Bupati Kupang Korinus Masneno mengapresiasi jajaran Polda NTT yang sudah

“Dalam rangka ulang tahun Polri ke 77 ini jajaran Polri Polda NTT telah banyak membantu dalam berbagai hal diantaranya menjadi orangtua asuh anak-anak stunting, turun langsung memberikan bantuan sembako kepada masyarakat juga menyiapkan fasilitas air bersih dengan menyiapkan sumur bor bagi masyarakat yang kesulitan air khususnya di desa Rebeka Kecamatan Amarasi Timur ini. Ada juga bhakti kesehatan bagi kami dan bedah rumah, ini merupakan bukti nyata bahwa Polri merupakan bagian dari masyarakat dan memiliki tanggung jawab bersama dalam membangun masyarakat. Pemda sendiri dengan segala keterbatasannya tentu tidak bisa menangani semua ini. Atas nama Kepala Daerah Kabupaten Kupang saya menyampaikan terima kasihkepada Kapolda NTT, Kapolres Kupang dan jajarannya atas upaya jalinan kasih yang dibuat. Semoga program ini bukanlah pertama dan terakhir tetapi akan berlanjut terus”pungkas Bupati Kupang.