Taklimat Akhir Audit Kinerja Tahap II, Kapolda NTT : Kita Berharap Tujuan Strategi Organisasi Dapat Dicapai Melalui Pelaksanan Audit Kinerja Itwasum Polri Sehingga Pelaksanaan Tugas Berjalan Efektif dan Efisien

Taklimat Akhir Audit Kinerja Tahap II, Kapolda NTT : Kita Berharap Tujuan Strategi Organisasi Dapat Dicapai Melalui Pelaksanan Audit Kinerja Itwasum Polri Sehingga Pelaksanaan Tugas Berjalan Efektif dan Efisien

Tribratanewsntt.com - Usai melaksanakan audit kinerja di Polda NTT dan Polres jajaran, Inspektorat pengawas Umum (Itwasum) Polri akhirnya menutup kegiatan audit tahap II Aspek pelaksanaan dan pengendalian T.A 2021 dengan acara taklimat akhir di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Polda NTT, Kamis (7/10/2021).

Kegiatan Taklimat Akhir ini dipimpin langsung oleh Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum dan dihadiri oleh Irwil II Itwasum Polri Brigjen Pol Drs. Samsul Sidiq, M.H, Wakapolda NTT Brigjen Pol Drs. Ama Kliment Dwikorjanto, M.Hum, Irwasda Polda NTT Zulkifli, S.S.T.M.K., S.H., M.M, Ketua Tim Audit Kinerja Itwasum Polri beserta Tim dan Para Pejabat Utama Polda NTT serta Kapolres Jajaran yang mengikuti melalui sarana virtual.

Acara Taklimat Akhir ini diawali dengan pembacaan hasil audit oleh Irwil II Itwasum Polri Brigjen Pol Drs. Syamsul Sidiq, M.H selaku pengawas Tim Audit Kinerja, kemudian penandatanganan pernyataan audit (PHA) serta penyerahan PHA dan Tabulasi hasil audit kepada Kapolda NTT oleh Pengawas Tim. Selanjutnya pemberian plakat dari Kapolda NTT kepada Irwil II Itwasum Polri.

Irwil II Itwasum Polri menyampaikan terima kasih kepada jajaran Polda NTT karena sudah cooperative dalam pelaksanaan audit sehingga pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan lancar.

“Saya sampaikan apresiasi dan terima kasih terhadap Polda NTT yang telah menyambut dan melaksanakan dengan baik pelaksanaan audit kinerja yang telah dilaksanakan sejak tanggal 29 September 2021 lalu”, ucap Brigjen Syamsul Sidiq, M.H.

Sementara itu, dalam sambutannya, Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum menyampaikan bahwa, Taklimat akhir ini merupakan penutup rangkaian pelaksanaan kegiatan audit kinerja Itwasum Polri tahap II T.A. 2021, yang dilaksanakan selama Sembilan hari.

“Kita patut mengucapkan syukur kepada Allah SWT. Tuhan yang maha kuasa karena kegiatan pendalaman oleh Tim audit kinerja terhadap satker Mapolda dan Polres jajaran dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar serta yang terpenting kita semua dalam keadaan sehat”, ujar Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum.

Dari penympaian hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh Tim Audit Kinerja Itwasum Polri bahwa ada beberapa temuan pada bidang operasional, SDM, Logistik serta Keuangan yang perlu mendapat perhatian dan wajib untuk segera ditindaklanjuti.

“Untuk itu kepada seluruh Kasatker dan Kasatwil yang menjadi obyek pemeriksaan, saya perintahkan untuk segera menindaklanjuti dan mengirimkan tindak lanjut hail temuan audit kinerja Itwasum Polri paling lambat 30 hari setelah pelaksanaan Taklimat Akhir.

Dikatakannya, Polda NTT memiliki permasalahan di bidang SDM dan Logistik yang memerlukan perhatian khusus.

“Permasalahan di bidang SDM yaitu, kekurangan jumlah personel yang sangat jauh dari kondisi ideal. edangkan di bidang logistik terdapat permasalahan berupa klaim masyarakat atas tanah yang telah dikuasai oleh Polda NTT”, kata Kapolda NTT.

Kapolda NTT pun mengucapkan terima kasih kepada Tim Audit Kinerja atas segala masukan dan petunjuk yang telah diberikan kepada Polda NTT, termasuk atas temuan-temuan yang didapatkan selama pendalaman.

“Kita semua berharap beberapa tujuan strategi dapat dicapai melalui pelaksanaan audit kinerja Itwasum Polri ini adalah dapat menilai sejauh mana kewajiban  dan tugas pokok Polri telah dilaksanakan oleh para pengemban fungsi di Polda NTT dan sekaligus menilai upaya yang dilakukan oleh para pimpinan pada saat menemui kendala di lapangan yang terkadang membutuhkan inovasi dan terobosan kreatif untuk menyelesaikannya”, harapnya.

“Dengan demikian dapat diketahui apakah program yang telah disusun, kebijakan pimpinan Polri dan pencapaian sasaran organisasi dapat dilaksanakan oleh jajaran Polda NTT secara efektif dan efisien sesuai sumber daya yang dimiliki”, tandasnya.