Tatap Muka dengan Personel Polres Sumba Timur, Kapolda NTT Berikan Penekanan dalam Melaksanakan Tugas

Tatap Muka dengan Personel Polres Sumba Timur, Kapolda NTT Berikan Penekanan dalam Melaksanakan Tugas

Tribratanewsntt.com,- Kapolda NTT Irjen Pol Drs Johni Asadoma, M.Hum melaksanakan kunjungan kerja di wilayah hukum Polres Sumba Timur, Senin 13 November 2023.

Dalam acara ini, beliau memberikan arahan kepada seluruh personel Polres dan Brimob Kompi IV Batalyon C Pelopor Sumba Timur, bertempat di gedung nasional Umbu Tipuk Marisi Waingapu Sumba Timur.

Kapolres Sumba Timur memulai kegiatan dengan paparan terkait situasi umum personel Polres Sumba Timur dan situasi kamtibmas wilayah hukum Polres tersebut. "Untuk Pemilu 2024 mendatang, saat ini sudah memasuki tahap pencalonan. Jumlah TPS di Kabupaten Sumba Timur sebanyak 808 TPS," ungkap Kapolres.

Dalam sambutannya, Kapolda NTT menyampaikan tujuan kunjungan kerjanya adalah menjelang pemilu 2024. Beliau menekankan perlunya pembinaan dan peningkatan kualitas SDM dari personel Polri, khususnya Polres Sumba Timur.

"Tetap berhati-hati dalam penggunaan medsos karena teknologi semakin canggih, hal yang benar dapat disalahkan dan hal yang salah dapat dibenarkan," tegasnya.

Kapolda NTT juga menyoroti pentingnya reformasi di semua lini Polri, memastikan keamanan selama pemilu, serta meningkatkan pelayanan terhadap publik untuk memperbaiki citra Polri di mata masyarakat. "Jadilah polisi yang melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat," himbau beliau.

Kapolda NTT juga memberikan penekanan agar setiap personel Polres Sumba Timur menjalankan tugas dengan baik, benar, dan tulus. "Doa banyak orang untuk kebaikan merupakan berkat terbesar yang mampu menguatkan dan memberi makna pada setiap tindakan kita," ucap Kapolda.

Pentingnya transformasi mental juga menjadi fokus utama. Kapolda NTT mendorong agar personel Polres Sumba Timur merubah sikap menjadi pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat. "Membangun hubungan positif dengan masyarakat adalah kunci dalam memperkuat kepercayaan," tambahnya.

Dalam upaya mendekatkan diri dengan masyarakat, Kapolda menekankan kepekaan terhadap perubahan dan kegiatan yang dapat memberikan manfaat langsung kepada warga. "Angkat kegiatan baik dan berdayakan masyarakat melalui inisiatif positif," saran Kapolda.

Menggarisbawahi prinsip keadilan, Kapolda NTT mengajak personel Polres Sumba Timur untuk menjadikan Restorative Justice sebagai alat untuk meningkatkan kepercayaan publik. "Keadilan dan kepastian hukum harus tetap dijunjung tinggi," tandasnya.

Kapolda NTT memotivasi personel untuk menghindari perilaku hedonisme dan menunjukkan kepemimpinan sederhana. "Pola hidup yang tidak mewah di tengah masyarakat akan menciptakan citra positif," kata Kapolda, sambil mendorong personel untuk aktif menjadi mitra pemerintah dalam pembangunan.

Kapolda NTT menyoroti pentingnya optimalisasi Satgas TPPO dalam penegakan hukum yang efektif. Serta meningkatkan pengawasan terhadap pelanggaran disiplin dan hukum untuk memperkuat integritas Polri.

Mengantisipasi ancaman informasi palsu, Kapolda NTT menekankan untuk lebih tanggap terhadap hoaks dan provokasi. "Tingkatkan komunikasi dengan masyarakat sebagai langkah preventif," ujar Kapolda.

Acara ditutup dengan penyerahan cinderamata sebagai bentuk penghargaan atas dedikasi dan pengabdian. Kapolda NTT menyampaikan apresiasi khusus kepada personel Bhabinkamtibmas Polres Sumba Timur dan perwira yang lahir pada tahun 60-an, sebagai bentuk penghargaan atas dedikasi mereka dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Kunjungan ini tidak hanya menjadi momentum penyemangat bagi personel Polres Sumba Timur tetapi juga menciptakan fondasi kuat untuk mewujudkan pelayanan kepolisian yang lebih baik dan mendekatkan diri pada masyarakat