Tatap muka dengan Polwan, Ibu Asuh Polwan Polda NTT: Jaga Solidaritas Antar Sesama Polwan untuk Saling Asah, Asih dan Asuh

Tatap muka dengan Polwan, Ibu Asuh Polwan Polda NTT: Jaga Solidaritas Antar Sesama Polwan untuk Saling Asah, Asih dan Asuh

Tribratanewsntt.com,- Dalam rangka memperingati hari jadi Polwan RI ke 74 yang diperingati setiap tanggal 1 September tiap tahunnya, Ibu Asuh Polwan Polda NTT Ny. Henny Setyobudi memberikan pengarahan kepada seluruh Polwan Poda NTT, Kamis (8/9/2022).

Arahan dari Ibu Asuh Polwan Polda NTT ini diselenggarakan di Aula Rupatama Mapolda NTT yang diikuti secara langsung oleh Polwan Satker Polda NTT dan Polresta Kupang Kota, Polres Kupang serta dari daratan Timor. Selain dilaksanakan secara langsung kegiatan tatap muka ini juga dilakukan secara virtual yang diikuti oleh seluruh Polwan Polres jajaran Polda NTT.

Dalam arahannya, Ibu Asuh Polwan Polda NTT Ny. Henny Setyobudi mengatakan bahwa polwan adalah sebuah profesi yang unik dan penuh tantangan dimana selain mengemban tugas sebagai alat negara RI juga sebagai ibu rumah tangga dan bahkan ada beberapa Polwan yang menjadi ibu Bhayangkari.

"Tentu ini bukan tugas yang mudah dan mempunyai beban yang berat. Karen itu saya selaku Ibu Asuh berpesan agar Polwan Polda NTT dapat menjalankan beberapa peran ini dengan seimbang sehingga semua dapat  berjalan dengan baik. Polwan juga harus siap mendukung program pemerintah dalam pemulihan ekonomi dan reformasi struktural untuk mewujudkan Indonesia pulih  lebih cepat, bangkit lebih kuat"ujar Ibu Asuh Polwan.

Seiring waktu, sejarah Polwan yang berawal dari kebutuhan penanganan terhadap kaum wanita yang tidak bisa ditangani oleh polisi laki-laki, sehingga saat itu tepatnya 1 September 1948, enam siswa wanita cikal bakal Polwan mengikuti pendidikan Inspektur Polisi bersama 44 siswa laki-laki di SPN Bukit Tinggi.

Saat ini Polwan mampu dan sejajar dengan Polisi laki-laki baik dalam bertugas, sudah banyak jabatan stukturan dan strategis yang diemban diantaranya Kabag di Polda, Wakapolres, Kasubdit, Kasubbag, Kasat, Kapolsek, Kanit dan jabatan strategis lainnya.

"Polwan telah memberikan warna tersendiri dengan keluwesannya sebagai wanita sehingga dengan karakter kewanitaannya dalam melaksanakan tugasnya selalu humanis namun juga diharapkan sisi feminimnya"tambahnya.

Dengan adanya kemajuan teknologi dan informasi di era digital ini, Ibu Asuh Polwan Polda NTT mengingatkan seluruh anggota Polwan agar bisa memanfaatkannya dengan baik dan benar.

"Lebih baik kita tampilkan sikap yang baik dan berdampak positif terhadap institusi Polri yang kita cintai. Sebagai Ibu Asuh Polwan saya berkomitmen untuk senantiasa memberikan dukungan kepada Polwan. Ada rasa bangga dan haru saat Polwan bisa menjalankan tugas dengan baik dan masih banyak Polwan berprestasi dengan berbagai inovasi dan kreasinya"ungkap Ibu Asuh.

Diakhir arahannya, Ibu Asuh Polwan Polda NTT berharap agar seluruh Polwan tetap jaga solidaritas antar sesama Polwan untuk saling asah, asih dan asuh.

"Jaga harkat dan martabat jangan sampai menimbulkan kesan negatif di mata masyarakat harus dapat memanage dengan baik peran ganda Polwan sebagai anggota Polri, istri, ibu rumah tangga dan bahkan ibu Bhayangkari. Jaga marwah institusi Polri"pungkas Ibu Asuh Polwan.

Selain mendapat pengarahan dari Ibu Asuh, Polwan Polda NTT juga menerima arahan dari Karo SDM Polda NTT selaku pembina Polwan dan Kabidpropam Polda NTT.