Ini Enam Poin Commander Wish Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum.

Ini Enam Poin Commander Wish Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum.

Tribratanewsntt.com - Resmi menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Kapolda NTT) Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., Kamis (3/9/2020) siang. Ia pun berkesempatan memaparkan arah kebijakannya (Commander wish) sebagai Kapolda NTT.

Commander wish Kapolda NTT itu disampaikan di hadapan personel Polda NTT yang hadir di aula Rupatama lantai III Mapolda NTT. Dalam pertemuan itu, Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., menyampaikan enam poin Commander Wish sebagai Kapolda NTT.

Yang pertama optimalkan percepatan penanganan Covid-19 dengan mempedomani protokol Kesehatan seperti penerapan 3M+1T (menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan tidak berkerumun), viralkan penggunaan masker sebagai gaya hidup di lingkungan Polri dan masyarakat, gelar kekuatan satgas, sinergitas dengan pemerintah daerah, dorong pemerintah daerah, kawal bantuan pemerintah, Polri peduli Covid-19 melalui giat baksos, dapur umum, kampung tangung.

Yang kedua gelar kekuatan Polri dan tingkatkan pelayanan publik seperti deteksi dini, aksi dan mapping potensi kerawanan, tingkatkan pencegahan yang proaktif terhadap potensi gangguan Kamtibmas, optimalkan giat pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patroli, pengamanan kontijensi, pelayanan berbasis modern, profesional, transparan dan berkeadilan, bangun sinergitas terhadap pemangku.

Ketiga penegakkan hukum secara profesional, proposional dan prosedural secara tegas, jujur, adil dan tuntas.

Keempat tingkatkan Sinergitas TNI-Polri dan stakeholder, jalin komunikasi harkamtibmas Melalui tiga pilar kamtibmas (Bhabinkamtibmas, Bhabinsa dan Kepala Desa), silaturahmi proaktif kepada semua lapisan, hindari ego sektoral antara instansi dan netralitas TNI-Polri dalam Pilkada serentak Tahun 2020.

Kelima optimalkan peran manajemen media dalam rangka mendukung tugas Polri dan yang keenam mantapkan harkamtibmas serta jaga netralitas Polri dalam Pilkada serentak Tahun 2020 di Provinsi NTT.

Disamping enam poin Commander Wish, Kapolda NTT juga menyampaikan beberapa penekanan khusus.

"Semua pekerjaan diawali dengan perencanaan,  kedepankan kearifan lokal dalam mensosialisasikan covid-19, optimalkan peran bhabinkamtibmas dalam menunjang tugas- tugas operasional di lapangan", ucap Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum.

"Kepada para kasatwil agar mengarahkan kegiatan yang persuasif, peran intelijen menjadi yang utama dalam menunjang tugas tugas Polri di lapangan, kecepatan dalam mengambil tindakan dan antisipasi juga cepat", jelasnya.

Diakhiri paparnya ia mengharapkan agar anggota Polda NTT menghindari pelanggaran dan jaga amanah dalam pelaksanaan tugas sebagai ladang ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Bagi seluruh personel Polda NTT agar menerapkan motto Displin, Dedikasi dan Prestasi", pungkasnya.

Kegiatan ini juga diikuti oleh Wakapolda NTT, Brigjen Pol. Drs. Ama Kliment Dwikorjanto, M.Si., Irwasda Polda NTT Kombes Pol. Drs. Tavip Yulianto, S.H., M.H., M.Si., para Pejabat Utama dan Kapolres Jajaran.