Tegakkan Prokes, Satgas Covid 19 Lakukan Pencegahan di Wilkum Polda NTT

Tegakkan Prokes, Satgas Covid 19 Lakukan Pencegahan di Wilkum Polda NTT

Tribratanewsntt.com,- Dalam rangka mengantisipasi lonjakan kasus covid 19 di wilayah provinsi NTT, jajaran Polres Alor yang tergabung dalam Satgas gugus tugas covid 19 melakukan pencegahan penyebaran virus di Bandara Mali Alor, Selasa (18/5/2021).

Hal ini dibenarkan Kabidhumas Polda NTT  Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H, Rabu (19/5/2021).

“Satgas Gugus Tugas melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya menyiapkan fasilitas fisik bandara sesuai protokol kesehatan, melakukan pemeriksaan pelaku perjalanan yang berangkat maupun tiba, meakukan Scanner suhu badan dan mengarahkan para penumpang untuk mengisi kartu kewaspadaan”Jelas Kabidhumas Polda NTT.

Ditambahkannya bahwa bagi pelaku perjalanan yang berangkat maupun tiba di Kabupaten Alor yang menggunakan jasa Transpotasi udara wajib menunjukan surat keterangan hasil Non Reaktif/Negatif Rapid Test Antigen/PCR.

Bagi anak-anak dibawah umur lima tahun tidak diwajibkan untuk Rapid Test Antigen sebagai sarat perjalanan. Kegiatan Scanner dilaksanakan sebagai upaya tangkal dan pencegahan masuknya wabah Covid 19 dengan sasaran penumpang serta crew pesawat  sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan.

“Dari hasil scanner tidak ditemukan penumpang pesawat yang suhu badannya tidak normal dan keluhan lain yang serupa dengan gejala covid 19, sehingga para penumpang dipersilahkan untuk meninggalkan bandara”pungkasnya.

Selain itu, petugas juga memberikan imbauan agar selalu mentataati protocol kesehatan denga terus melakukan 3 M baik itu di lingkungan rumah maupun lingkungan perkantoran atau pusat-pusat keramaian yang ada di kota Kalabahi Alor.