Tingkatkan Disiplin, Propam Polres Manggarai Barat Laksanakan Gaktiblin

Tingkatkan Disiplin, Propam Polres Manggarai Barat Laksanakan Gaktiblin

Dalam rangka meningkatkan pengawasan di lingkungan internal Polri, Sie Propam Polres Manggarai Barat menggelar penegakan ketertiban dan kedisiplinan atau gaktiblin kepada seluruh personel.

Berbeda dari sebelumnya, kegiatan gaktiblin kali ini dilakukan secara mendadak. Pelaksanaannya dilakukan sebelum pelaksanaan apel pagi, Selasa (16/02/2021) di pintu masuk Polres Manggarai Barat

Satu persatu, kendaraan personel yang hendak memasuki Markas Komando Polres Manggarai Barat dihentikan dan diperiksa kelengkapan kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat. Selain itu, penggunaan Masker dan sikap tampang tidak luput dari pemeriksaan Kasie Propam bersama anggotanya.

Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. melalui Kasie Propam IPTU Royke Weridity mengatakan bahwa Pemeriksaan dan pengecekan kelengkapan personil, dilakukan mulai dari surat–surat kendaraan dan penggunaan seragam Polri. Selain itu juga pemeriksaan surat–surat kelengkapan kondisi kendaraan Dinas Personil Polres Manggarai Barat.

Disebutkan, selain pemeriksaan surat–surat kelengkapan kendaraan dinas personil Polres Manggarai Barat, juga dilakukan pengecekan di tempat pemarkiran Polres, dimana kendaraan dinas di parkirkan, berupa pengecekan nopol dinas, sticker maupun logo kepolisian kendaraan dinas.

"Pemeriksaan dilakukan dengan tujuan seluruh personel Polres Manggarai Barat selalu lengkap dokumen kelengkapan berlalu lintas sebelum melaksanakan tugas di lapangan dan kendaraan dinas dalam keadaan baik," ujarnya.

IPTU Royke Weridity juga mengatakan ini dilakukan untuk menjaga kerapian dan wujudkan karakter Polisi yang tegas dan humanis.

“Langkah tersebut merupakan upaya penegakan pengawasan disiplin secara internal, mengingat polisi adalah panutan masyarakat, sehingga setiap anggota harus berpenampilan yang baik, rapi dan menarik,” kata Kasie Propam

Di dalam giat pemeriksaan ditemukan personil yang tidak membawa surat–surat kendaraan karena ketinggalan di rumah. Akibat dari itu personil diberikan tindakan berupa teguran dan disiplin serta diimbau untuk melengkapi surat–surat demi ketertiban dan keamanan dalam pelaksanaan tugas.

Lanjut Perwira dengan balok dua dipundak, gaktiblin dilaksanakan untuk meningkatkan disiplin personel di lingkungan Polres Manggarai Barat.

"Sengaja kami lakukan gaktiblin secara mendadak, semata–mata untuk melihat sejauhmana tingkat disiplin personel, bukan untuk mencari kesalahan," ungkapnya.

"Diharapkan, kedisiplinan semakin meningkatkan melalui kegiatan ini. Dan yang paling penting, personel terhindar dari pelanggaran dan perbuatan yang melanggar hukum dan mencemarkan Institusi serta kinerja anggota Polri khususnya lingkup Polres Manggarai Barat lebih meningkat lagi," pungkas Mantan Kapolsek Komodo ini.