Tingkatkan Kesehatan dan Kebugaran Personel, Satbrimobda NTT Gelar Tes Kesamaptaan Jasmani Berkala

Tingkatkan Kesehatan dan Kebugaran Personel, Satbrimobda NTT Gelar Tes Kesamaptaan Jasmani Berkala
Personel Satbrimobda NTT Gela kesamaptaan Jasmani Berkala semester I di Lapangan Ricky Sitohang Mapolda NTT, Jumat (1/4) pagi.

Tribratanewsntt.com - Menjaga kesehatan dan kebugaran jasmani personel terutama dimasa pandemi Covid-19, Satbrimobda NTT melaksanakan Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) Berkala bertempat di Lapangan Ricky Sitohang Mapolda NTT, Jumat (1/4/ 2022) pagi.

Tes Kesamaptaan Jasmani Berkala Semester I Tahun Angggaran 2022 ini diikuti oleh seluruh personel Polda Satbrimob mulai dari anggota hingga ASN Polri dimana mengingat situasi Covid-19 yang melanda.

Dansat Brimob Polda NTT Kombes Pol Ferry Raimond Ukoli, S.I.K., yang memimpin kegiatan tersebut mengatakan kegiatan Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) ini merupakan kegiatan rutin yang di laksanakan selama enam bulan sekali oleh personel Satbrimob Polda NTT dan merupakan program kerja untuk mengukur kemampuan personel di bidang jasmani.

Sebelum melaksanakan kegiatan kesamaptaan Jasmani seluruh personel wajib mengikuti pemeriksaan suhu tubuh dan juga pemeriksaan tekanan darah oleh tim Kesjas Brimob.

"Kegiatan ini dilakukan secara berkala setahun dua kali, dimana hal ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kondisi fisik dari masing-masing sesuai dengan golongan usianya. Selain itu hasil dari TKJ ini akan dimasukkan kedalam penilaian 13 komponen yang berpengaruh terhadap karir personel," ucap Kombes Pol Ferry Raimond Ukoli, S.I.K.

Dikatakannya, beberapa item TKJ tersebut akan dinilai langsung oleh tim panitia penilaian dalam setiap cabang yang diikuti oleh peserta samjas.

Adapun tahap-tahapan tes Kesamaptaan Jasmani ini terdiri dari lari 12 menit, push up, sit up, pull up, dan shuttle run (lari Angka 8) serra beladiri Polri.

"Dalam kegiatan TKJ berkala ini ada sejumlah item yang harus dilalui oleh personel Satbrimob Polda NTT diantaranya tes samapta A dengan lari selama 12 menit dan samapta B yang terdiri dari sit up, push up, pull up selama 1 menit dan diakhiri dengan suttle run. Dengan jasmani yang kuat dan sehat, maka seluruh Personel akan mampu melayani masyarakat sebagaimana tugas pokok Polri sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat", pungkasnya.