Tinjau Unit Satwa di Hanggar Ditpolairud, Kapolda NTT Minta Selain Operasional Jadikan Tempat ini Sebagai Sarana Polmas

Tinjau Unit Satwa di Hanggar Ditpolairud, Kapolda NTT Minta Selain Operasional Jadikan Tempat ini Sebagai Sarana Polmas

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., bersama rombongan meninjau unit Satwa Ditsamapta Polda NTT, Taman Satwa Presisi Polda NTT di hanggar Ditpolairud Polda NTT, di Penfui Kota Kupang, Jumat (17/9/2021) pagi.

Hadir juga mendampingi, Wakapolda NTT Brigjen Pol. Drs. Ama Kliment Dwikorjanto, M.Si., Irwasda Polda NTT Kombes Pol Zulkifli, S.S.T., M.K., S.H., M.M., dan para pejabat utama Polda NTT dengan tetap mengikuti Protokol kesehatan secara ketat.

Tiba di Hanggar Ditpolairud Polda NTT, Kapolda bersama rombongan langsung meninjau kesehatan dan kesiapan Satwa Kuda Ditsamapta Polda NTT sekaligus mengecek sarana dan prasarana mulai dari Istal kuda (kandang) hingga kebersihan trasnportasi Bus Kuda yang diketahui memiliki Dua Bus dan ada satu bus lagi untuk satwa k-9.

Pada kesempatan itu juga, Kapolda NTT melihat pergerakan kuda yang diawaki oleh personil Ditsamapta Polda NTT yang nantinya akan digunakan untuk berpatroli. Kapolda juga meminta agar selalu dilatih dan dirawat serta dioperasionalkan.

Dalam arahannya, Kapolda NTT menyampaikan bahwa kehadirannya disini untuk mengetahui aset Milik Polri Polda NTT.

"Pada kesempatan pagi ini kita hadir disini sebetulnya supaya kita semua tahu aset kita. Dan memang saya ingin mengembangkan Samapta kita ini.  Karena ini juga termasuk aset yang harus kita jaga dan kita pelihara serta kita operasionalkan itu yang paling penting", ujar Kapolda NTT.

Kapolda mengukapkan bahwa hanggar ini juga digunakan untuk emergency. Hanggar ini desainnya hanya untuk heli Bel atau AW.

Kapolda juga mengucapkan terimakasih kepada Dirsamapta Polda NTT atas perubahan yang ada."Saya menyampaikan apresiasi Dirsamapta dan staf dengan cepat segera merealisasikan perintah saya dan saya lihat banyak perubahan karena saya kasih waktu hanya sebulan bisa bangun, nanti lain-lain kita selesaikan dan itu bisa dilaksanakan", ungkapnya.

"Termasuk kita nyusun transinstal kuda, saya kira itu penting, kita ini Polda lambangnya Kuda, kita punya bus kuda dan satwanya. Busnya didesain untuk anjing dan didesain untuk kuda Jadi kemarin saya konsolidasikan ini mudah-mudahan juga nanti dioperasionalkan. Karena memang satuan kita ini memerlukan itu", tambahnya.

Targetnya kedepannya selain sebagai tupoksi Jadikan tempat ini sebagai sarana Polmas (Perpolisan masyarakat) orang yang hobi kuda dan anjing.

"Saya titipkan jadikan tempat ini sebagai sarana Polmas untuk orang-orang hobi dan bisa buat edukasi Anak-anak bisa bermain dengan kuda kita. Kuda yang kecil sedangkan untuk kuda yang besar untuk operasional kita", pintanya.

Soal akses jalan nanti kita akan koordinasi dengan Pemda untuk bisa dibuat ataupun dirapikanlah untuk masuk disini jadi jaga dengan baik tempat ini.
"Jaga tempat ini. Hidupkan suasana disini. Semoga ini bermanfaat bagi kita sekalian", harapnya.

Diakhir arahannya, Kapolda NTT mengucapkan terimakasih kepada para pejabat utama yang dapat meluangkan waktu hadir di tempat ini.

"Terima kasih kepada Dirsamarta, Pak Wakapolda, Irwasda yang telah meluangkan waktu disini dan mungkin mau coba Memelihara bisa dibeli dan ditaruh disini untuk dirawat dan dititipkan kepada anak-anak kita untuk diajarkan", tandasnya.