TNI-Polri Kawal Pembangunan Papua, Lemkapi: Komitmen Supaya Papua Semakin Sejahtera

TNI-Polri Kawal Pembangunan Papua, Lemkapi: Komitmen Supaya Papua Semakin Sejahtera

Polri dan TNI memastikan akan mengawal seluruh kebijakan pemerintah terkait pelaksanaan pembangunan merata di Papua.

Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi), Dr. Edi Hasibuan, menilai, hal itu bentuk komitmen Polri dan TNI agar Papua semakin baik dan sejahtera.

"Bentuk komitmen Polri dan TNI agar semua program pemerintah untuk kesejahteraan bisa diterima dengan baik," ujar akademisi dari Universitas Bhayangkara Jakarta tersebut, Selasa (10/1/23).


Beliau meyakini, sinergi Polri dan TNI selama ini membuat Papua semakin kondusif. 

"Sinergi itu juga membuat pembangunan semakin merata dan program kesejahteraan yang disampaikan pemerintah akan berdampak baik terhadap masyarakat," jelasnya.

Sebelum itu, dalam acara Pengarahan Panglima TNI dan Kapolri kepada Prajurit TNI dan Polri di Wilayah Papua. Kapolri, Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., mengatakan TNI dan Polri terus mengawal kebijakan Presiden Joko Widodo dalam pemerataan pembangunan di Papua.

TNI dan Polri mengawal proyek strategis pemerintah di Papua, di antaranya pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pengembangan bandara, beberapa program terkait pemekaran, penugasan khusus tenaga kesehatan di Papua, dan Papua Barat.