TNI-Polri Melakukan Persiapan Kedatangan Presiden RI Tinjau Lokasi Bencana Alam di Lembata

TNI-Polri Melakukan Persiapan Kedatangan Presiden RI Tinjau Lokasi Bencana Alam di Lembata

Tribratanewsntt.com - Ratusan personel gabungan TNI-Polri melakukan apel kesiapan kunjungan Presiden RI Ir. Joko Widodo di lapangan apel Mapolres Lembata, Jumat (9/4/2021) pagi.

Apel ini dipimpin langsung oleh Dansatgas Pam Wilayah, Danrem 161/WS, Brigjen TNI Samuel Petrus Hehakaya, dan dihadiri oleh Asintel Dam IX/UDY, Kol. I Made Kusuma Jaya, Dandim 1625/Ngada, Letkol Czi. Luqman Nur Hakim, Dandim 1602/Ende, Letkol Inf. Nelson Paido Makmur, S.I.P., Kapolres Lembata, AKBP Yoce Marten, SH, S.I.K, M.I.K., dan Para Kabag serta Kasat jajaran Polres Lembata.

"Pengamanan VVIP selalu kita laksanakan bersama, dari unsur TNI-Polri, Pemerintah Daerah dan komponen masyarakat lainnya, baik pada even nasional maupun internasional dengan memberikan pengamanan terbaik dan maksimal. Segala sesuatu yang terkait dengan perencanaan, persiapan dan pelaksanaan pengamanan VVIP ini harus selalu kita mulai dari awal dan tidak ada istilah rutinitas", ucap Danrem 161/WS saat membacakan Sambutan Panglima Kodam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc.

"Apel Gelar Pasukan seperti ini sangat perlu untuk mengecek sejauh mana tingkat kesiapan pasukan pengamanan baik secara perorangan maupun satuan serta pemahaman tentang langkah dan tindakan sesuai Prosedur Tetap Pengamanan VVIP yang berlaku. Selain itu, juga untuk memastikan sinergitas dan kerjasama antar semua unsur pengamanan yang terlibat", katanya.

"Gunakan Apel Gelar Pasukan ini sebagai sarana komunikasi dan koordinasi antar unsur pengamanan utamanya untuk menjamin kelancaran pelaksanaan tugas serta untuk menghindari terjadinya kesalahan sekecil apapun dalam pelaksanaan di lapangan", harapnya.

Dalam setiap pelaksanaan tugas pengamanan VVIP, Kodam IX/Udayana selaku Koops Pam VVIP wilayah Bali dan Nusa Tenggara bersama-sama Polda, Pemerintah Daerah setempat dan unsur pendukung lainnya selalu bersinergi untuk mencapai tujuan dan sasaran pengamanan secara maksimal. Untuk itu kejelasan tugas, tanggung jawab dan rantai Komando harus dipahami dan menjadi pedoman sehingga kerja kita menjadi efektif dan efisien guna mencapai tujuan dan sasaran pengamanan secara optimal.

Beberapa penekanan yang harus diperhatikan oleh personel yang tergabung dalam Pengamanan VVIP agar pelak-sanaan pengamanan dapat berjalan dengan baik, yaitu pahami dan kuasai Prosedur Tetap pengamanan VVIP, pegang teguh disiplin dengan memahami Rantai Komando yang efektif dan efisien, tingkatkan kepekaan dan laksanakan koordinasi secara optimal serta cermati dan ikuti perkembangan situasi secara terus menerus dan laporkan. Kemudian selalu melaksanakan secara ketat Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 dan 3M (mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, memakai masker dan menjaga jarak).

"Semua penekanan yang saya sampaikan agar dipahami, dipedomani dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, sehingga kegiatan kunjungan kerja Presiden RI beserta rombongan dapat berjalan aman, tertib dan lancar", tutupnya.

Untuk diketahui, sudah di bagi Floting sesuai dengan Pleton Route pengamanan di Lokasi masing- masing antara lain mulai dari Bandara Wonopito Lewoleba, Lokasi Bencana Desa Amakaka, Posko Pengamanan Pengungsi Puskesmas Waipukang, RSUD Lewoleba dan Pengaman Route yang dilalui Presiden RI bersama Rombongan.