Tutup Pelatihan Audit Dasar Kasiwas Polres Jajaran, Ini yang Diharapkan Irwasda Polda NTT

Tutup Pelatihan Audit Dasar Kasiwas Polres Jajaran, Ini yang Diharapkan Irwasda Polda NTT

Tribratanewsntt.com - Irwasda Polda NTT Kombes Pol. Zulkifli, S.S.TmK., S.H., M.M., mengharapkan kepada para perserta yang baru mengikuti pelatihan Audit Dasar Kasiwas agar dapat menambah Ilmu dan wawasan guna merumuskan pola tindak dalam mengawasi kegiatan internal Kepolisian.

Hal ini diharapkan oleh Irwasda Polda NTT saat menutup pelatihan Audit Dasar Kasiwas Polres Jajaran Polda NTT di Rupatama Lantai III Mapolda NTT, Jumat (30/9/2022).

Kegiatan itu juga dihadiri oleh Ketua Perwakilan BPKP Provinsi NTT Sofyan Antonius, para Pejabat Utama Polda NTT, Para tenaga pelatih, Kapolresta dan Para Kapolres baik yang hadir maupun yang mengikuti kegiatan secara virtual serta para peserta pelatihan Bintara pengawasan yang berjumlah 25 personel.

Pada kegiatan Acara itu juga dilakukan Penyerahan Plakat oleh Irwasda Polda NTT Kepada Kelapa BPKP Perwakilan Provinsi NTT dan juga penyerahan sertifikat pelatihan dan hadiah kepada tiga peserta pelatihan yang berprestasi.

"Melalui kegiatan ini diharapkan kepada seluruh peserta pelatihan khususnya para Kasiwas/ Ba siwas memiliki pengetahuan tentang konsep dasar dalam melaksanakan pemeriksaan dan memiliki keterampilan komunikasi dalam melakukan pemecahan masalah/problem solving sebagai konsultan yang solutif, serta menjadi APIP yang memiliki kapabilitas dan kompetensi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sesuai dengan peraturan perudang-undangan yang berlaku", ucap Irwasda Polda NTT.

Dalam kesempatan itu juga, Irwasda Polda NTT mengucapkan terima kasih dan apresiasi sebesar – besarnya kepada Kepala BPKP Perwakilan Provinsi NTT dan para pemateri yang telah bersedia dan ikut terlibat dalam kelancaran pelaksanaan kegiatan pelatihan Bintara pengawasan.

"Saya berharap kerjasama ini bukan hanya sampai disini, tetapi akan berkelanjutan ditahun-tahun berikutnya. dan juga ucapan terima kasih kepada Ka SPN Polda NTT dan seluruh panitia yang telah menyelenggaran pelatihan bintara pengawasan siwas Polres jajaran Polda NTT. Tak lupa pula kami ucapkan terima kasih kepada seluruh peserta pelatihan yang telah mengikuti pelatihan dari awal hingga akhir kegiatan", ungkap Kombes Pol. Zulkifli, S.S.TmK., S.H., M.M.

Berdasarkan perkap nomor 1 Tahun 2021 tentang audit kinerja dan audit dengan tujuan tertentu (mengganti Perkap 18 thn 2011 tentang pengawasan dan pemeriksaan rutin di lingkungan Polri) dijelaskan bahwa siwas adalah unsur pengawas dan pembantu pimpinan di bidang monitoring dan pengawasan umum pada tingkat Polres yang berada di bawah Kapolres.

"Berbagai upaya pengawasan telah dilakukan, salah satu inovasi yang dilakukan Itwasda Polda NTT melalui pelatihan bintara pengawasan Siwas Polres jajaran Polda NTT", jelasnya.

Pelaksanaan kegiatan pelatihan ini baru pertama kali dilaksanakan di Polda NTT bekerja sama dengan BPKP perwakilan NTT yang merupakan penjabaran dari perintah Irwasum Polri agar para staf siwas memiliki kompetensi pengawasan dimana salah satu materi pelajarannya adalah audit dasar yang bertujuan untuk.

"Meningkatkan pengetahuan, keahlian/ keterampilan, dan sikap professional dengan dilandasi kepribadian dan etika agar dapat melaksanakan tugas-tugas pengawasan secara professional, efisien dan efektif serta sesuai dengan peraturan perundang-undangan, Memenuhi syarat kompetensi sebagai APIP, pengembangan profesi sebagai APIP di kewilayahan dan mendukung pencapaian program prioritas Kapolri khususnya dalam peningkatan pengawasan guna mewujudkan Polri yang presisi", terangnya.

Diakhir arahnya, Irwasda mengharapkan kepada Kapolresta dan para Kapolres untuk nantinya dapat memberdayakan fungsi Siwas di jajaranya masing-masing guna mencegah dan meminimalisir terjadinya penyimpangan dan menempatkan Ba diluar fungsi siwas yg telah menyelesaikan pelatihan pada fungsi Siwas Polres.

"Saya ingin berpesan kepada para peserta yang telah menyelesaikan pelatihan Bintara Pengawasan, agar apa yang telah didapatkan selama pelatihan dapat diaplikasikan dengan baik pada kesatuannya masing-masing", tandasnya.