Tutup Pelatihan Kewilayahan Polri T.A. 2021, Ka SPN Polda NTT Berharap Ilmu yang Didapatkan, Dapat Membantu Pelaksanaan Tugas Dimasa Pandemi

Tutup Pelatihan Kewilayahan Polri T.A. 2021, Ka SPN Polda NTT Berharap Ilmu yang Didapatkan, Dapat Membantu Pelaksanaan Tugas Dimasa Pandemi

Tribratanewsntt.com - Ka SPN Polda NTT Kombes Pol Nanang Putu Wardiyanto, S.St., M.K., memimpin upacara penutupan pelatihan Fungsi Kewilayahan Polri Tahun Anggaran 2021 bertempat di aula SPN Polda NTT, Sabtu (7/8/2021) sore.

Kegiatan penutup ini dihadiri oleh pejabat utama SPN Polda NTT, para gadik, para perwira, bintara, ASN, dan 100 peserta pelatihan yang terdiri dari pelatihan Bintara Produk Intelejen Ft.intelkam, Pelatihan Bintara Dasar Administrasi Penyidikan Ft. Reskrim, Pelatihan Bintara Patroli Ft. Sabhara dan Pelatihan Binluh Kamtibmas Ft. Binmas.

Dalam kesempatan tersebut, Ka SPN Polda NTT menyampaikan dalam mencermati situasi yang berkembang saat ini dimana penyebaran virus covid 19 semakin memprihatinkan di tambah kebijakan pemerintah yang menerapkan situasi PPKM sehingga menambah beban masyarakat.

"Situasi ini akan berdampak pada tugas Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Pelaksanaan tugas Polri dimasa pandemi seperti saat ini sangat berat karena Polri dihadapkan pada situasi yang dilematis di satu sisi Polri di tuntut mampu bekerja mengamankan kebijakan pemerintah dengan profesional namun tidak boleh lupa dengan tugas Polri sebagai pengayom masyarakat dan menjamin kemanan masyarakat dalam melaksanakan kegiatan sehari -hari", kata Ka SPN Polda NTT.

Ka SPN juga mengajak para peserta upacara untuk senantiasa melaksanakan tugas dengan baik namun dengan cara – cara yang humanis dan penuh empati. "Sehingga jangan sampai tindakan kita di lapangan membuat kondisi masyarakat semakin sulit yang imbasnya hilangnya kepercayaan masyarakat terhadap Polri", ungkapnya.

Ia juga berharap dengan ilmu yang sudah didapatkan selama megikuti pelatihan dapat membantu dalam pelaksanaan tugas di masa pandemi ini.

Lanjut dikatakannya, untuk selalu menjaga situasi dan kondisi kamtibmas yang kondusif Polri perlu meningkatkan kemampuan personilnya dalam bidang pembuatan produk intelejen dan administrasi penyidikan terutama yang berdampak hukum terhadap masyarakat maupun institusi polri serta meningkatnkan upaya pencegahan dengan melakukan pembinaan dan penyuluhan kepada masayarakat tentang kamtimbas dan meningkatkan kegiatan patroli untuk meminimalisir niat dari masyarakat yang ingin melakukan pelanggaran maupun tindak pidana sehingga situasi kamtibas selalu kondusif.
       
Selain itu, Ka SPN juga mengajak para perserta untuk selalu menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan sehingga dapat melaksanakan tugas dengan baik dan berkumpul bersama keluarga.

"Kita bersyukur bahwa pelatihan yang baru saja kita laksanakan, dapat berjalan dengan baik dan lancar. Untuk itu saya ucapkan terimakasih", tegasnya.

Ia juga sampaikan terima kasih kepada para peserta pelatihan, yang telah memperlihatkan keseriusan, dan tanggung jawab serta disiplin sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan waktu yang telah ditentukan,

"Kepada para pendidik dan pengasuh saya sampaikan penghargaan yang setinggi - tingginya atas dedikasinya dalam memberikan ilmu pengetahuan sesuai kompetensi yang diharapakan", tandasnya.