Unjuk Kebolehan, Bhayangkari Brimobda NTT Mainkan Alat Musik Sasando di Pembukaan IAWP

Unjuk Kebolehan, Bhayangkari Brimobda NTT Mainkan Alat Musik Sasando di Pembukaan IAWP

Tribratanewsntt.com,- Acara pembukaan Konferensi Polwan Internasional atau International Assocition Of Woman Police (IAWP) di Labuan Bajo dimeriahkan dengan musik Sasando. Yang unik dari permainan alat musik sasando ini adalah dimainkan oleh seorang wanita berusia 43 tahun yang merupakan seorang istri dari anggota Polri Polda NTT.

Lusia  Suriyanti merupakan anggota Bhayangkari Brimob Kompi 4 Batalyon B Pelopor Labuan Bajo yang dipercayakan mengisi acara pada helatan internasional Polwan sedunia tersebut. Dengan lemah gemulai jemari wanita yang kesehariannya bekerja sebagai PNS di Instalasi Farmasi RSUD SK Lerik kota Kupang ini lincah memainkan alat musik asal daerah Rote Ndao NTT.

Ibu Bhayangkari ini mengaku sudah mengenal musik sasando sejak tahun 2018.
“Saya mulai belajar memainkan Sasando ini sejak tahun 2018 di Lembaga Khursus Musik Haleluyah/LKMH Asuhan dari bapak Djony Teedens”ujar Lusia Suriyanti, Rabu (10/11/21).

Ia mengaku pernah mengikuti Misi Budaya ke Frankfurt, penah juga mengikuti lomba Got Talent Bhayangkari kategori alat musik tradisional dan mendapatkan juara Favorit. Selain itu ia pernah mengisi acara pada saat HKGB tahun 2019, kolaborasi tiga alat Music sampeq, kecapi dan orkestra mabes Polri di Jakarta. 

Saat tampil di acara pembukan Konferensi Polwan Internasional, dirinya mengaku tidak ada persiapan khusus.

“Tidak ada persiapan khusus saat tampil pembukaan kemarin, karena setiap minggu saya tetap latihan Sasando dan hampir setiap hari tetap latihan mandiri karena belajar alat  musik tradisional Sasando cukup sulit butuh ketekunan dalam berlatih”tandasnya.