Wakapolda NTT Hadiri Kunker Presiden RI Dalam Peresmian Waterfront Marina Labuan Bajo dan TPS Warloka

Wakapolda NTT Hadiri Kunker Presiden RI Dalam Peresmian Waterfront Marina Labuan Bajo dan TPS Warloka

Tribratanewsntt.com - Wakapolda NTT Brigjen Pol. Drs. Hery Sulistianto menghadiri peresmian Water Front Marina Labuan Bajo dan Tempat Pengelolaan Sampah Warloka oleh Presiden Ir. H. Joko Widodo, di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Marina, Labuan Bajo, Kamis (21/7/2022) malam. 

Tampak hadir juga dalam kegiatan peresmian itu, Ibu Negara Hj. Iriana Joko widodo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dan Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi.

Dalam kesempatan itu presiden RI mengungkapkan kondisi Labuan Bajo dulunya dinilai sangat kumuh dan tidak menarik wisatawatan. Untuk itu, pembangunan waterfront tersebut akan memberikan tampilan yang lebih menarik.

"Dengan mengucap basmallah, pada malam hari ini dengan rahmat Tuhan, penataan Labuan Bajo dan TPS Warloka saya nyatakan diresmikan," ujar Presiden.

Ia menambahkan agar seluruh masyarakat Indonesia dan Labuan Bajo khususnya bisa menjaga fasilitas baru tersebut.

Jokowi mengimbau seluruh masyarakat untuk memperhatikan hal-hal kecil yang dapat menarik para wisatawan.

"Pertama, ramah terhadap wisatawan. Ini penting sekali. Setuju? Yang kedua, jangan buang sampah sembarangan karena sekarang Labuan Bajo sudah bersih dan sudah cantik," ucapnya.

Jokowi meminta agar kawasan tersebut dapat terus dijaga dan dipelihara dengan baik. Dia menuturkan bahwa saat ini pemerintah sedang berupaya untuk melakukan penataan di seluruh kawasan demi tercapainya kesejahteraan masyarakat sekitar.

“Setiap bulan kerja bakti bersih-bersih agar kawasan ini terus terpelihara dengan baik dan makin cantik dari hari ke hari," katanya.

"Karena kita ini masih memiliki pekerjaan membangun jalan, memperlebar jalan agar tujuan akhir dari penataan seluruh kawasan yang ada adalah kesejahteraan masyarakat di NTT, khususnya di Manggarai Barat, lebih khusus di Labuan Bajo,” tambahnya.

Jokowi pun menyadari adanya perubahan besar yang terjadi di sekitar kawasan Marina Labuan Bajo dibandingkan kunjungannya pada tahun 2015 lalu. Kawasan tersebut dapat dimanfaatkan untuk menampilkan kegiatan seni dan budaya yang dapat menarik para wisatawan.

“Sekarang disini dilakukan penataan-penataan yang hasilnya sudah kita lihat bersama pada malam hari ini. Ini bisa dipakai untuk aktivitas kegiatan-kegiatan seni budaya, performing art yang ini akan menarik para wisatawan untuk lebih banyak lagi datang ke Labuan Bajo,” tutur Jokowi.

Acara peresmian itu juga dikemas dalam pesta rakyat yang dihadiri oleh ribuan masyarakat Manggarai Barat. 

Untuk memeriahkan acara pesta rakyat itu, sejumlah artis nasional dan lokal asal Nusa Tenggara Timur, turut ambil bagian untuk memeriahkan acara pesta rakyat itu, antara lain Amnes Kamaleng dan Ivan Nestorman. 

Selain itu, pesta rakyat juga menampilkan beberapa tarian adat Manggarai maupun Flores pada umumnya yang diperagakan oleh putra-putri Manggarai Barat, Flores - NTT. 

Dalam kegiatan tersebut, ratusan personel gabungan disiagakan. Kegiatan tersebut berjalan dengan baik dan lancar.