Wakapolda NTT Terima Audiens Ketua IKAS dan Tua Adat Sumba

Wakapolda NTT

Wakapolda NTT Terima Audiens Ketua IKAS dan Tua Adat Sumba

Tribratanewsntt.com - Wakil Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Wakapolda NTT) Brigjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum., terima audiens bersama dengan Ketua IKAS (Ikatan Keluarga Sumba) Prof. Frans Umbu Data dan Tua Adat Sumba di Kupang Bapak Gerson Louru.

Pertemuan yang berlangsung di ruang Kerja Wakapolda NTT, Selasa (7/7/2020) pagi ini membahas terkait viralnya kejadian kawin tangkap di Sumba.

Dalam kesempatan itu, Ketua IKAS mengatakan kawin tangkap yang selama ini terjadi dilakukan karena kecenderungan proses adat yang begitu rumit dan terkesan panjang.

"Bukan budaya Sumba yang turun temurun melaikan suatu kebiasaan yang dilakukan secara terus menerus sehingga akhirnya menjadi suatu tatanan hidup baru", ucap Prof. Frans Umbu Data.

Selain itu, menurut Bapak Gerson Louru selaku Tua Adat Sumba di Kupang manyatakan perlu adanya seminar ilmiah untuk membahas terkait kawin tangkap.

Menanggapi hal ini, Wakapolda NTT menyampaikan bahwa kawin tangkap ini sebenarnya sudah sering terjadi namun tidak terekspos. Namun karena kemajuan teknologi tersebut yang menyebabkan terekspos dan menjadi viral.

"Kami dari kepolisian akan teliti dalam menangani masalah tersebut dengan melihat dari berbagai macam aspek", ujar Wakapolda NTT