Warga Kota Kupang Antusias Mengikuti Vaksinasi Drive Thru di Polda NTT

Warga Kota Kupang Antusias Mengikuti Vaksinasi Drive Thru di Polda NTT

Tribratanewsntt.com - Warga masyarakat Kota Kupang antusias menjalani vaksinasi dengan layanan tanpa turun dari kendaraan atau "Drive Thru" yang diselenggarakan Polda NTT. Tujuan dari kegiatan ini untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi untuk mengendalikan penularan Covid-19.

"Ini lebih efisien dan cepat, jadi tidak perlu antre lama, kita sudah dilayani, petugas pun lebih proaktif datangi kita di mobil. Vaksinasi Drive Tru di Polda NTT luar biasa, pelayanan ok, presisi untuk Polri", komentar Arman Hamka, seorang peserta vaksinasi, Sabtu (29/6/2021) di Mapolda NTT.

Dalam pelaksanaannya, mekanisme vaksinasi dilakukan melalui empat pos, yang dimulai dari pemeriksaan administrasi pendaftaran. Mereka yang akan menerima vaksin juga akan dipastikan memiliki KTP.

Selanjutnya, calon penerima vaksin akan melaju ke pos 2 untuk menjalani pemeriksaan kesehatan meliputi tekanan darah, suhu tubuh, tingkat saturasi oksigen dan penyakit komorbid.

Berikutnya, calon penerima akan melaju ke pos 3 untuk divaksin. Setelah mendapatkan vaksinasi, warga tidak langsung meninggalkan area vaksinasi namun menunggu sekitar 30 menit untuk observasi  ada tidaknya KIPI di Pos 4. Apabila KIPI terjadi, maka mereka harus membunyikan klakson kendaraan.

Selain vaksinasi secara Drive Thru, Polda NTT juga melaksanakan vaksinasi massal tahap II untuk masyarakat kota Kupang juga berlokasi di Mapolda NTT dengan target 110 Vial atau 1.100 dosis.

Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum yang meninjau langsung kegiatan ini menerangkan bahwa, Vaksinasi ini merupakan tahap kedua dengan target 1.100 dosis.

Hari ini kita targetkan 1.100 untuk tahap kedua dibantu oleh BEM Nusantara yang tergabung di dalam tim vaksinator covid-19  Polda NTT dan juga dibantu dari rekan-rekan TNI yakni, TNI AD, TNI AL dan TNI AU", terang Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum.

"Bersinergi, kita semua untuk meningkatkan kuantitas atau jumlah Vaksin kepada masyarakat", tambahnya.

Terkait antusiasme Masyarakat terhadap vaksinasi secara Drive Thru yang dilaksanakan Polda NTT, Ia menjelaskan bahwa, gerai-gerai telah dibentuk baik di Polda maupun di Polres jajaran dan dari masukan masyarakat, Polda NTT akan meningkatkan pelayanan-pelayanan mobile.

"Dari hasil masukan, masyarakat merasakan bahwa, Drive thru ini lebih efisien, lebih simpel, lebih cepat sehingga ini menjadi pertimbangan kita (Polda NTT) untuk melaksanakan pelayanan-pelayanan mobile seperti ini", jelas Kapolda NTT.

Dijelaskan juga bahwa, Polda NTT sementara menyiapkan satu unit Bus yang akan dimodifikasi untuk bisa mobile keliling melayani masyarakat.

"Kita sedang menyiapkan satu unit bus yang nantinya dimodifikasi untuk mobile keliling mbawa tim vaksinator dengan kecukupan vaksin yang ada kita salurkan ke masyarakat yang memang belum melaksanakan vaksinasi", tandasnya.