Amankan KTT Asean, Ribuan Personel Polda NTT Mulai Berangkat ke Labuan Bajo

Amankan KTT Asean, Ribuan Personel Polda NTT Mulai Berangkat ke Labuan Bajo

Sebanyak 1.660 personel gabungan dari Polda NTT dan Polres Kupang mulai diberangkatkan menuju Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat. Keberangkatan ribuan personel dalam rangka pengamanan pelaksanaan KTT ke-42 ASEAN 2023 pada 9-11 Mei 2023.

"Sejumlah personel itu mulai diberangkatkan pada hari ini, pukul 18.00 WITA," ujar Kapolda NTT Irjen Pol. Johania Asadoma di Kupang, Minggu (30/4/2023).

Irjen Pol. Johania mengatakan ribuan personel pengamanan tersebut akan langsung menempati sejumlah lokasi yang sudah disiapkan. Adapun lama perjalanan sendiri diperkirakan sekitar 32 hingga 36 jam.

Selain itu, Irjen Pol. Johania juga berpesan kepada personel agar selalu bertindak humanis dan ramah kepada masyarakat di Labuan Bajo, Manggarai Barat, saat pengawalan KTT ASEAN 2023.

“Tunjukkan kehumanisan dan keramahan saat mengatur jalan atau saat pengamanan di Labuan Bajo nanti,” ujar Irjen Pol. Johania. Ia mencontohkan, jika ada masyarakat yang membuat kegaduhan , diharapkan anggota polisi harus menyelesaikan dengan kepala dingin, sehingga tidak menimbulkan kegaduhan di lapangan bersama masyarakat.

Untuk itu, Irjen Pol. Johania meminta para personel Polda NTT dan polres jajaran yang ditugaskan, agar menyiapkan mental dan fisik yang prima.

Ia mengatakan bahwa dalam pengamanan KTT ke-42 ASEAN 2023, posisi Polri hanya sebagai BKO dan berada di ring tiga. Sementara di ring I adalah pasukan pengamanan presiden, dan ring 2 adalah TNI.

“Saya minta agar personel yang berjaga di ring 3 harus menjaga agar jika ada masalah tidak sampai ke ring 2,” tegas Irjen Pol. Johania.

Secara keseluruhan, Polri mengerahkan total 2.627 personel untuk mengamankan penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN 2023 di Labuan Bajo. Pasukan pengamanan itu berasal dari satuan Polda NTT, Polda Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Mabes Polri.

Seluruh personel akan disebar ke sejumlah tempat objek pengamanan, seperti bandara, akomodasi para delegasi atau kepala negara yang hadir, hingga lokasi penyelenggaraan.