Polairud Polda NTT Patroli Sambil Bersihkan Sampah di Sekitar Perairan Labuan Bajo Jelang KTT Asean ke-42

Polairud Polda NTT Patroli Sambil Bersihkan Sampah di Sekitar Perairan Labuan Bajo Jelang KTT Asean ke-42

Tribratanewsntt.com - Anggota Direktorat Polairud Polda NTT yang tergabung dalam Satgas Banops Operasi Komodo 2023 bersihkan sampah di sekitar perairan Labuan Bajo. Hal ini dilakukan saat menggelar patroli laut dalam rangka pengamanan KTT Asean ke-42, Minggu (7/5/2023).

Dirpolairud Polda NTT Kombes Pol. Nyoman Budiarja menjelaskan, bahwa Patroli Perairan dilaksanakan dalam rangka pengamanan KTT Asean ke-42. Sementara kegiatan bersih bersih sampah di laut untuk mengurangi sampah dan membuat perairan Labuan Bajo bebas sampah.

Lanjutnya, kegiatan bersih-bersih laut dilakukan bersamaan dengan kegiatan Patroli perairan di sekitar pelabuhan Marina dan Hotel Meruorah, dimana wilayah ini merupakan venue utama pelaksanan KTT Asean ke-42.

"Jadi saat patroli, kita mengambil sampah yang berada di laut, kemudian kita kumpulkan untuk selanjutnya dibawa ke tempat pembuagan sampah", jelasnya.

Dia menambahkan, bahwa aksi bersih-bersih laut yang dilakukan oleh pihaknya merupakan aksi kepedulian terhadap lingkungan, dimana dengan banyaknya sampah di sekitar perairan Labuan Bajo, membuat pemandangan tidak nyaman saat pelaksanan KTT Asean.

Aksi bersih-bersih laut yang dilaksanakan oleh Anggota Polair Polda NTT ini menggunakan Kapal Patroli Polisi berlayar berpatroli sekaligus melakukan pengambilan sampah.