Asah Kemampuan, Ratusan Bintara Remaja Ditsamapta Polda NTT Latih Beladiri Polri

Asah Kemampuan, Ratusan Bintara Remaja Ditsamapta Polda NTT Latih Beladiri Polri

Tribratanewsntt.com - Guna mengasah kemampuan beladiri dan menjaga kebugaran fisik serta stamina saat bertugas, ratusan Anggota Ditsamapta Polda NTT menggelar latihan Beladiri Polri di Lapangan Ricky Sitohang Mapolda NTT, Senin (19/9/2022) pagi.

Kegiatan beladiri tersebut diikuti oleh 242 personel Bintara remaja dipimpin oleh Kompol Alvinus Wabang, Aipda Khaesar Rohman dan Bripda Juventus Johanes Mansari serta diawasi langsung oleh Wadirsamapta Polda NTT AKBP Yosep Mandagi, S.I.K.

Kegiatan diawali dengan pemanasan fisik kemudian dilakukan peregangan serta teknik–teknik dasar beladiri Polri mulai dari tangan kosong dan menggunakan alat.

Wadirsamapta Polda NTT AKBP Yosep Mandagi, S.I.K., mengatakan bahwa kegiatan ini juga untuk mengasah kemampuan para personel dalam mendalami ilmu terutama beladiri Polri yang merupakan salah satu kemampuan individual yang wajib dimiliki setiap personel Polri.

"Ini dilakukan untuk memenuhi tantangan tugas Kepolisian yang lebih kompleks kedepannya. Kemampuan beladiri Polri ini untuk mengantisipasi serangan para pelaku kejahatan minimal dilumpuhkan melalui teknik Beladiri Polri itu sendiri," ujar AKBP Yosep Mandagi, S.I.K.

Dikatakannya, bahwa mengingat kedepan tantangan tugas yang semakin berat kegiatan rutin beladiri yang dilakukan personel Direktorat Samapta akan terus di tingkatkan, bertujuan mengasah keterampilan dan kesiap-siagaan anggota karena selaku anggota polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

“Manfaat dan kegunaan beladiri sangat banyak salah satunya adalah untuk melatih jiwa disiplin, menjaga kesehatan dan metabolisme bagi tubuh karena beladiri sama dengan olahraga pada umumnya namun berlatih beladiri digunakan untuk benteng pertahanan diri dari pelaku kejahatan maupun tindak kriminal,” katanya.

“Dengan adanya kegiatan rutin beladiri baik fisik maupun teknik diharapkan anggota harus profesional dalam bertindak dilapangan guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat,” pungkasnya.