Bagi Masker Gratis, Personel Ditbinmas Polda NTT Pun Edukasi Penggunaan Masker yang Baik dan Benar kepada Warga

Bagi Masker Gratis, Personel Ditbinmas Polda NTT Pun Edukasi Penggunaan Masker yang Baik dan Benar kepada Warga

Tribratanewsntt.com - Salah satu protokol kesehatan yang wajib dilakukan saat beraktivitas di masa pandemi adalah menggunakan masker. Hal itu penting untuk mencegah penularan virus corona.

Masker perlu digunakan dengan benar agar bisa memberikan perlindungan yang efektif. Manfaat penggunaan masker yang benar bisa melindungi diri sendiri dan juga orang lain dari penyebaran virus corona yang bisa terjadi melalui udara.

Oleh sebab itu, sebagai wujud kepedulian terhadap pencegahan penyebaran Covid-19, Personel Ditbinmas Polda NTT bagikan masker gratis sekaligus beri edukasi kepada masyarakat, Sabtu kemarin (7/2/2022).

Kegiatan yang dipimpin oleh Kasibinturmas Subditbintibsos Ditsabinmas Polda NTT Penata TK I Anwar Dopong, S.Sos bersama dua orang anggotanya ini menyasar warga masyarakat terutama pengguna jalan baik pejalan kaki, maupun pengendara kendaraan bermotor di sekitar jalan Taibenu, Kelurahan Naimata, Maulafa, Kota Kupang.

Jumlah masker yang dibagikan dalam aksi tersebut adalah 50 pcs yang pembagiannya diprioritaskan kepada warga yang tidak menggunakan masker.

Kasibinturmas menyebutkan bahwa tujuan dari kegiatan pembagian masker ini adalah untuk mengurangi risiko penularan virus corona. 

"Di masa pandemi yang masih berlangsung sampai saat ini, masker menjadi kebutuhan esensial yang harus dimiliki semua orang. Ketika berpergian ke luar rumah, penggunaan masker menjadi salah satu protokol kesehatan yang wajib dilakukan untuk mencegah penularan virus corona", terang Penata TK I Anwar Dopong, S.Sos.

Dikatakannya, namun melihat angka kasus covid-19 di Indonesia yang tengah menurun saat ini, tidak sedikit orang menjadi lalai dan mulai melakukan protokol kesehatan yang satu ini dengan sembarangan.

"Misalnya, hanya menggantungkan masker di satu telinga saja, menurunkan masker ke bawah hidung sehingga hanya menutupi mulut saja, atau bahkan menarik masker hingga ke bawah dagu. Nah, dengan kegiatan ini, penting sekali mengedukasi warga untuk tetap mengenakan masker dengan benar, sehingga tidak mengurangi efektivitas masker dan meningkatkan risiko pemakainya untuk terkena virus corona", pungkasnya.

Aksi pembagian masker tersebut pun mendapat respon yang positif dari masyarakat. Dalam waktu tidak lebih dari dua jam, masker pun habis dibagikan kepada masyarakat.