Bedah Tantangan Pemilu 2024, Polri: Sinergitas Kunci Sukseskan Pesta Demokrasi

Bedah Tantangan Pemilu 2024, Polri: Sinergitas Kunci Sukseskan Pesta Demokrasi

Polri terus melakukan pematangan kesiapan menghadapi Pemilu 2024. Hal itu dilakukan guna menciptakan pemilu aman dan damai.

Polri pun terus membedah tantangan-tantangan yang kemungkinan akan dihadapi, beserta solusi dan pencegahannya. Salah satunya dengan menggelar forum group discussion (FGD) bertajuk Pilpres 2024: Memperkuat Pemilu Damai dan Demokrasi Menuju Indonesia Maju.

Dalam sambutan pembukaan acara, Karo Multimedia Brigjen. Pol. Gatot Repli Handoko menjelaskan, Pemilu serentak 2024 yang tidak hanya memilih pemimpin, tetapi juga akan menjadi ujian yang sesungguhnya bagi bangsa Indonesia dalam menjalankan demokrasi.

“Bukan hanya sekedar recruitment kepemimpinan nasional maupun daerah, namun harus kita buktikan bahwa Indonesia adalah sebuah negara dengan demokrasi yang matang, di mana momentum 2024 dan selanjutnya 2029 akan menjadi tahapan konsolidasi yang penting untuk mencapai Indonesia maju,” jelasnya dalam sambutan, Rabu (11/10/23).

Dalam proses Pemilu 2024 sendiri, Polri memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas keamanan nasional. Namun, sinergitas bersama stakeholder terkait lainnya menjadi hal penting untuk bersama-sama mencegah terjadinya berbagai ancaman.