Beri Arahan Kepada Personel Polres Manggarai Timur, Kabidpropam Polda NTT : Jadilah Polisi Yang Baik dan Memahami Tupoksi Polri

Beri Arahan Kepada Personel Polres Manggarai Timur, Kabidpropam Polda NTT : Jadilah Polisi Yang Baik dan Memahami Tupoksi Polri

Tribratanewsntt.com - Usai melakukan kunjungan kerja di Polres Ngada, Kabdidpropam Polda NTT Kombes Pol. Drs. Dominicus Savio Yempormase bersama tiga personel Bidpropam Polda NTT kembali mengunjungi di wilayah hukum Polres Manggarai Timur, Senin (1/11/2021).

Tiba di Mapolres Manggarai Timur, Kabidpropam Polda NTT bersama rombongan di terima oleh Kabag SDM  AKP Videlis Doni beserta para perwira Polres Manggarai Timur dilanjutkan dengan giat sosialisasi Penerapan Nilai - Nilai Luhur Tribrata dan Catur Prasetya di Aula lantai III Polres Manggarai Timur.

Dalam kesempatan tersebut, Kabidpropam Polda NTT menyampaikan materi sosialisasi  tentang Implementasi penerapan nilai-nilai luhur Tribrata dan Catur Prasetya, serta memberikan peneguhan serta penguatan kepada para personel Polres Manggarai Timur dan Polsek jajaran.

"Agar dalam setiap melaksanakan tugas maupun berprilaku dalam berkehidupan sehari-hari selalu berpedoman dan bercermin pada Tribrata dan Catur Prasetya", ujar Kabidpropam Polda NTT.

Ia juga menegaskan kepada para Anggota agar tidak melakukan pelanggaran sekecil apapun baik dalam melaksanakan tugas maupun tidak dalam melaksanakan tugas.

Selain itu, Kabidpropam juga memberikan arahan terkait monitoring kasus Viral Media Sosial dari Divpropam Polri serta upaya Mitigasi dan mencegah terjadinya pelanggaran anggota serta maraknya pemberitaan negatif yang menurunkan citra Polri, baik pelanggaran anggota Polri secara Nasional maupun tingkat Polda NTT.

Ia juga menjelaskan instruksi Kapolri Jendral Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., kepada Kabidpropam Jajaran untuk menindak tegas setiap personel Polri yang melakukan pelanggaran.

"Penegakan hukum secara tegas dan keras terhadap anggota Polri yang melakukan pelanggaran, Kabid Humas berikan informasi kepada masyarakat secara terbuka dan  jelas, berikan penekanan agar dalam pelaksanaan tindakan upaya paksa harus mendomani SOP, perkuat pengawasan, pengamanan dan pendampingan oleh fungsional propam, optimalkan pencegahan dan pembinaan kepada anggota Polri para Dir, Kapolres, kasat dan Kapolsek perkuat pengawasan dan pengendalian, berikan punishment atau saksi tegas terhadap anggota yang terbukti melakukan pelanggaran", jelasnya.

Selanjutnya penekanan Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., antara lain, sosialisasikan Aplikasi Propam Presisi sebagai sarana pelaporan  masyarakat terhadap pelanggaran anggota Polri,  lakukan upaya pencegahan prilaku menyimpang anggota Polri di Media, tingkatkan waskat dan pantau anggota dalam kedinasan maupun non-dinas, berikan APP dan pendampingan terhadap anggota yang melaksanakan tugas.

"Harapan Kapolda NTT adalah semua personel Polda NTT agar menjadi Polisi yang baik, melaksanakan tugas Polri dengan sungguh-sungguh yaitu sebagai pengayom, pelindung dan pelayan masyarakat, serta penegak hukum yang profesional", harapnya.

Ia juga mengharapkan, personel agar merespon cepat setiap pengaduan masyarakat.

"Jadilah polisi yang baik yang memahami Tupoksi Polri. Tingkatkan sinergitas TNI - Polri. Disiplin, Dedikasikan, Prestasi, Bekerja Keras, Bekerja Ikhlas dan Bekerja Cerdas", pintanya.

"Maksud dan tujuan kegiatan sosialisasi ini agar setiap Personel Polri Wajib memahami akan pentingnya makna filosofi Tribrata dan Catur Prasetya sebagai pedoman hidup dan Pedoman kerja anggota Polri, baik dalam bertugas maupun dalam berkehidupan sehari-hari agar dapat meksanakan tugas dengan profesional dan terhindar dari pelanggaran atau tindakan yang tidak terpuji", tandasnya.