Bertambah Satu Wilayah NTT yang PPKM Level IV, Kapolda NTT Minta Kapolres Jajaran Siapkan Ruangan Isoter

Bertambah Satu Wilayah NTT yang PPKM Level IV, Kapolda NTT Minta Kapolres Jajaran Siapkan Ruangan Isoter
Bertambah Satu Wilayah NTT yang PPKM Level IV, Kapolda NTT Minta Kapolres Jajaran Siapkan Ruangan Isoter

Tribratanewsntt.com,- Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum. mengatakan bahwa saat ini PPKM Level IV di wilayah NTT yang semula ada tiga Kabupaten bertambah lagi satu Kabupaten yakni kabupaten Ende.

Hal tersebut dikatakan Kapolda NTT saat melakukan analisa dan evaluasi terhadap para Kapolres jajaran Polda NTT yang dilakukan secara virtual di Mapolda NTT, Selasa (10/8/2021).

Kegiatan ini dihadiri juga Wakapolda NTT Brigjen Pol. Drs. A. Kliment Dwikorjanto, M.Si, Irwasda Polda NTT Kombes Pol. Zulkifli, S.S.T.M.K., S.H., M.M., serta para pejabat utama Polda NTT.

"Saat ini wilayah NTT, ada empat kabupaten yang masuk PPKM Level IV. Kota Kupang, Kabupaten Sumba Timur dan Kabupaten Sikka serta penambahan lagi satu yakni kabupaten Ende. Sementara itu Kabupaten Sabu Raijua dari PPKM Level II menjadi Level III"ujar Kapolda NTT.

Berdasarkan Data Situasi Cakupan PPKM tanggal 9 Agustus 2021, jumlah kasus nasional 20.709 kasus sementara di NTT 636 kasus. Yang sembuh secara tingkat nasional 84, 9 persen di NTT 75,03 persen. Yang meninggal 2,9 persen sedangkan NTT 1,8 persen sementara kasus aktif di NTT tinggi 23, 1 dan nasional 12,2 persen.

“Menurut Kapolda NTT angka kesembuhan di NTT merupakan pekerjaan rumah kita bersama, oleh karena itu saya minta para Kapolres agar bekerjasama dengan instansi terkait contohnya dinas kesehatan dan pihak rumah sakit guna mengecek ketersediaan obat sehingga tingkat kesembuhan meningkat”tambahnya.

Ini sebagai patokan dalam mengambil langkah dan persoalan apa yang menjadi kendala di lapangan, untuk itu Ia meminta Kapolres selaku penanggung jawab di wilayah Polres untuk berbuat yang terbaik sehingga wilayah NTT bisa bebas dari PPKM Level IV.

Di NTT saat ini tidak ada lagi PPKM Level II yang ada hanya PPKM Level III dan IV. Masalah penggunaan BOR dan ruang isolasi beberapa wilayah di NTT cukup tinggi.

“Sebaran Covid 19, angka kenaikan di wilayah NTT menjadi atensi kita bersama. Ada tiga hal yang menjadi perhatian kita bersama yakni kurangi mobilitas dan kerumunan, Pengujian (Tasting) Pelacakan (Tracing) dan Isolasi (Treatment) dengan membentuk isolasi-isolasi terpusat serta masifkan vaksinasi”lanjutnya.

Kepada para Kapolres jajaran, Kapolda NTT meminta agar berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah menyiapkan ruangan isolasi terpadu guna membantu masyarakat yang terkonfirmasi positif dengan gejala-gejala ringan.