Bhabinkamtibmas Desa Kringa Pengecekan Bansos di Kantor Desa Kringa

Bhabinkamtibmas Desa Kringa Pengecekan Bansos di Kantor Desa Kringa

Tribrfatanewsntt.com - Personel  Bhabinkamtibmas Desa Kringa, Polres Sikka Briptu Yosefus Aprilianus melakukan pengecekan kegiatan bantuan sosial (bansos) berupa penyaluran Beras Sejahtera (Rastra) di Kantor Desa Kringa, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (26/3/2019) kemarin.

Briptu Yosefus Aprilianus mengatakan dari hasil pengecekan yang dilakukan yakni, pemutahiran dan pergantian data warga penerima dana Bansos dilakukan oleh Pendamping Program Keluaraga Harapan (PKH).

Lanjutnya, penyaluran Bansos tidak melalui Pemerintah Desa, namun pencairan melalui Rekening PKH di Bank BRI Unit Talibura melalui ATM dan hasil Pemutahiran data tidak dilaporkan kepada Pemerintah Desa.

"Kegiatan pengawasan Bansos oleh Polri ini menindak lanjuti MOU Kapolri bersama Kemensos RI dalam rangka mengawasi aliran Bansos dari pusat ke daerah. Dari MOU tersebut kemudian Polri membentuk Satgas Bansos yang tugasnya memantau, mengawasi dan menegakkan hukum bila ada indikasi adanya penyimpangan'', pungkasnya.