Kapolda NTT pimpin tradisi Pencucian Pataka

Kapolda NTT pimpin tradisi Pencucian Pataka

Tribratanewsntt.com - Kapolda Nusa Tenggara Timur Irjen Pol. Drs. Raja Erizman memimpin upacara pencucian Pataka Polda Catya Turangga Wirasakti , ( 10/7 ).

Kegiatan yang dilaksanakan dilobby lantai 1 Mapolda Nusa Tenggara Timur ini dihadiri pula oleh Wakapolda NTT Brigjen Pol. Drs. Victor G. Manoppo M.H.,seluruh Pejabat Utama Polda NTT, Para Pewira dan Bintara Polda NTT serta Bhayangkari Polda NTT.

Tampak dalam upacara tersebut Kapolda NTT sangat meresapi dan penuh hikmat saat mencuci Pataka Polda NTT Catya Turangga Wirasakti dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-72.

Menurut Kapolda NTT, pencucian Pataka tersebut dimaknai sebagai pembersihan hati dan jiwa dari hal-hal negatif sehingga personil atau anggota Polri dapat melaksanakan tugas dalam melayani masyarakat secara baik. Pencucian Pataka merupakan agenda sakral Polri dan jajaran yang wajib dilaksanakan setiap tahunnya dalam memperingati Hari Ulang Tahun Bhayangkara.

“Tradisi pencucian Pataka ini wajib dilaksanakan, dengan prosesi ini kita mengenang apa saja yang telah kita berikan bagi Nusa dan Bangsa selama mengabdi sebagai anggota Polri. Dengan pencucian Pataka kita pun berupaya membersihkan hati dan jiwa personil selama bertugas menjadi bersemangat dalam melayani masyarakat,” ucap Kapolda Nusa Tenggara Timur .

Selain pencucian Pataka dalam menyambut HUT Bhayangkara, sebelumnya Polda NTT juga telah menggelar Ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Dharmaloka dan Tabur Bunga di Dermaga Ditpolair Polda NTT.