Bhabinkamtibmas Desa Manubura Lakukan Pengawasan bansos Rastra

Bhabinkamtibmas Desa Manubura Lakukan Pengawasan bansos Rastra

Tribratanewsntt.com - Personel Bhabinkamtibmas Desa Manubura, Polres Sikka Brigpol Istanto Luther melakukan pengamanan dan pengawasan penyaluran bantuan sosial (bansos) berupa Beras Sejahtera (Rastra) bertempat di Aula Kantor Desa Manubura, Kecamatan Nelle, Kabupaten Sikka, Nusa tenggara Timur (NTT), Selasa (26/3/2019) kemarin.

Kegiatan pembagian diawali dengan pengecekan daftar nama warga penerima rastra oleh petugas rasta agar tepat sasaran dan tidak ada penyimpangan.

Bhabinkamtibmas Desa Manubura, Polres Sikka Brigpol Istanto Luther kegiatan Pengamanan dan Pengawasan Bansos oleh Polri ini menindak lanjuti MOU Kapolri bersama Kemensos RI dalam rangka mengawasi aliran Bansos dari pusat ke daerah. Dari MOU tersebut kemudian Polri membentuk Satgas Bansos yang tugasnya memantau, mengawasi dan menegakkan hukum bila ada indikasi adanya penyimpangan.

“Menindak lanjuti MOU antara Kapolri bersama Kemensos dalam rangka mengawasi aliran Bansos dari pusat hingga ke daerah. Dari MOU tersebut kemudian Polri membentuk Satgas Bansos yang tugasnya memantau, mengawasi penyaluran dana bansos serta juga menegakkan hukum bila ada indikasi adanya penyimpangan”, ujarnya.

Untuk diketahui bahwa, pengamanan dan juga pengawasan oleh Polri tidak hanya Bansos berupa Rastra saja, tapi berlaku kepada seluruh bantuan sosial masyarakat, mulai dari program keluarga harapan (PKH), hingga Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).